Gempa Darat 5,3 SR Guncang Aceh Barat, Warga Diminta Waspada

Kamis, 18 Oktober 2018 - 16:54 WIB
Gempa Darat 5,3 SR Guncang Aceh Barat, Warga Diminta Waspada
Gempa Darat 5,3 SR Guncang Aceh Barat, Warga Diminta Waspada
A A A
ACEH BARAT - Gempa bumi 5,3 Skala Richter dilaporkan mengguncang Kabupaten Aceh Barat, Aceh pada Kamis siang, (18/10/2018) sekitar pukul 11:29:04 WIB. Berdasarkan informasi dari BMKG, episentrum gempa bumi terletak pada koordinat 96,21° Bujur Timur dan 4,72° Lintang Utara, pada kedalaman 10 km atau berjarak 30 kilometer timurlaut Kabupaten Aceh Barat, Aceh.

Berdasarkan data dari Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi, pusat gempa bumi berada di darat. Wilayah yang berdekatan dengan pusat gempabumi adalah wilayah Kabupaten Aceh Barat, Aceh Tengah dan Pidie.

Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi, KESDM Imun Maemunah mengatakan, wilayah yang berdekatan dengan pusat gempa bumi tersusun oleh batuan gunungapi dan metamorf yang berumur PraTersier, batuan sedimen Tersier dan batuan gunung api kuarter yang sebagian telah terlapukkan.

"Batuan yang telah mengalami pelapukan tersebut bersifat urai, lepas, belum kompak sehingga bersifat memperkuat efek guncangan gempa bumi," kata dia dalam pernyataan tertulis yang diterima SINDOnews, Kamis (18/10/2018).

Menurut dia, berdasarkan lokasi pusat gempa bumi dan kedalamannya, gempa bumi berasosiasi dengan aktivitas Sesar Sumatra yang berarah relatif baratlaut-tenggara.

"Gempa bumi ini tidak menyebabkan tsunami, karena pusat gempabumi berada di darat. Hingga berita ini dibuat, belum ada informasi kerusakan yang diakibatkan gempa bumi ini. Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan dari petugas BPBD setempat serat waspada dengan kejadian gempa bumi susulan, yang diperkirakan berkekuatan lebih kecil," tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6503 seconds (0.1#10.140)