Demo Mahasiswa, Kapolda Sumut Minta Dilakukan Secara Tertib

Senin, 15 Oktober 2018 - 20:15 WIB
Demo Mahasiswa, Kapolda Sumut Minta Dilakukan Secara Tertib
Demo Mahasiswa, Kapolda Sumut Minta Dilakukan Secara Tertib
A A A
MEDAN - Mahasiswa BEM dan Ormawa UMN Al-Washliyah, Sumatra Utara mengeluhkan adanya bentrok saat unjuk rasa pada 20 September 2018. Keluhan tersebut disampaikan kepada Kapolda Sumatra Utara Irjen Pol Agus Andrianto.

Menurut Agus, polisi pasti mengamankan jalannya demo yang berjalan tertib dan damai. “Kejadian tanggal 20 itu sebenarnya polisi akan melayani masyarakat, kita ini kan warga terdidik. Kalau ada hal yang tidak baik sampaikan saja, pasti kita layani, kalau perlu kita amankan,” kata Agus melalui keterangan persnya, Senin (15/10/2018).

Agus mengatakan, polisi tidak melarang masyarakat termasuk mahasiswa yang ingin unjuk rasa. Namun demikian unjuk rasa tersebut tidak boleh sampai mengganggu orang lain juga.

Menurutnya, yang punya hak bukan hanya mahasiswa yang unjuk rasa saja menyampaikan pendapatnya tapi masyarakat lain juga punya hak. “Sepanjang pelaksanaan unjuk rasa dengan aman dan baik, bukan hanya adik-adik yang punya hak, orang lain haknya juga tolong dijaga. Silakan unjuk rasa selama tidak mengganggu orang lain,” ujarnya.

Agus menuturkan, mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa harus memberikan hal terbaik untuk bangsa dan negara ini. “Karena pada masa kedepan negara ini pasti berada di tangan adik-adik. Ini bukan basa-basi, yang harus dilindungi bukan hanya yang melakukan demonstrasi tapi juga yang melakukan pengamanan,” jelasnya.

Di samping itu, Agus mengatakan polisi juga manusia sehingga timbul kekhilafan sehingga terjadi kekerasan. Namun, Polda Sumatra Utara juga memberikan bantuan kepada korban dan tidak melakukan perbuatan semena-mena. “Negara ini punya banyak kelemahan, namun bagaimana cara kita untuk melakukan konstribusi dari kita,” katanya.

Rektor UMN Al Washliyah, Hardi Muliono sudah meminta kepada mahasiswanya untuk tidak melakukan aksi demonstrasi. Mahasiswa boleh menggunakan haknya tapi juga wajib menjaga hak orang lain.

“Informasi saya dengar bahwa Propam juga melakukan pemeriksaan terhadap personel yang melakukan hal itu. Saya tegaskan kepada mahasiswa UMN untuk menegakkan disiplin dan etika, silakan melakukan unjuk rasa dengan baik dan miliki peraturan,” tandasnya.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8093 seconds (0.1#10.140)