MTQN XXVII, Sumut Berpeluang Masuk Tiga Besar

Jum'at, 12 Oktober 2018 - 17:37 WIB
MTQN XXVII, Sumut Berpeluang Masuk Tiga Besar
MTQN XXVII, Sumut Berpeluang Masuk Tiga Besar
A A A
MEDAN - Sebanyak 19 dari 23 lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQN) XXVII di Sumatera Utara (Sumut) telah mengeluarkan hasil penilaian akhir dari babak final. Berdasarkan penghitungan sementara, Sumut meraih 15 juara dengan rincian 5 peringkat pertama, 2 peringkat kedua, dan 8 peringkat ketiga.

Dari hasil tersebut, Sumut berpeluang masuk tiga besar. Jakarta bertengger di puncak dengan raihan 7 juara peringkat pertama. Disusul Kepri dengan 6 juara peringkat pertama. Namun, posisi ini akan berubah karena masih ada empat lomba lagi yang belum mengeluarkan hasil penilaian.

Di antaranya Cabang Tilawah Golongan Dewasa dan Cabang Tilawah Golongan Qiraat Sab’ah Mujawwad Dewasa, perlombaannya masih berlangsung hingga Kamis malam di Astaka Jalan Willem Iskandar Medan. Dua lainnya yakni Cabang Kaligrafi Golongan Hiasan Mushaf dan Cabang Kaligrafi Golongan Naskah masih menunggu hasil keputusan dewan hakim.

Adapun lima peserta dari kafilah Sumut yang meraih pertingkat pertama pada Cabang Fahmil Quran Putri, Cabang Hifdzil Quran Putra dan Putri Golongan 1 Juz dan Tilawah, Cabang Kaligrafi Putri Golongan Kontemporer, dan Cabang Syahr Quran Putra. Sedangkan dua peserta yang meraih peringkat kedua ada pada Cabang Hifdzil Quran Putri Golongan 5 Juz dan Tilawah serta Cabang Makalah Putra.

Provinsi lain yang meraih peringkat kedua terbanyak diraih oleh Riau dengan jumlah 5 juara peringkat kedua, serta 4 juara peringkat kedua untuk Banten dan Jawa Barat.

Ketua Kafilah Sumut, Al Ustadz Palit Muda Harahap mengatakan pihaknya tidak menentukan target atau peringkat tertentu terkait hasil MTQN. Selaku tuan rumah MTQ Nasional XXVII, Sumut ingin memberikan yang terbaik pada ajang bergengsi ini, sehingga Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Sumatera Utara benar-benar serius mempersiapkan Kafilah-kafilahnya.

“Di Alquran kita tidak boleh membicarakan target, karena ini merupakan ibadah. Hal yang terpenting adalah kita sudah mempersiapkan Kafilah dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8567 seconds (0.1#10.140)