Ribuan Santri Bakal Padati Kawasan Malioboro

Jum'at, 05 Oktober 2018 - 22:49 WIB
Ribuan Santri Bakal...
Ribuan Santri Bakal Padati Kawasan Malioboro
A A A
YOGYAKARTA - Ribuan santri dari berbagai pondok pesantren di DIY, Minggu (7/10/2018) akan memadatai kawasan Jalan Malioboro. Ribuan santri ini rencananya bakal mengikuti acara Grebek Santri yang digelar tepat 15 hari menjelang puncak Hari Santri Nasional (HSN).

Grebek Santri diperkirakan akan diikuti oleh 3.000 santri. Mereka akan menggelar pawai mulai dari Taman Parkir Abu Bakar Ali yang berada di ujung sebelah utara Jalan Malioboro.

"Dalam pawai Grebek Santri ini akan diikuti oleh 40 kontingen. Mereka akan menampilkan kekhasan dan pertunjukan sesuai dengan kelebihan masing-masing," terang Ketua Panitia Hari Santri Yogyakarta, KH Zar'anuddin Jumat (5/10/2018).

Kontingen santri ini akan dibagi dalam empat kelompok, masing-masing menandai peran santri dalam empat periode sejarah kepesantrenan dan ke Indonesiaan.
Dimulai dari peran santri pada periode pergolakan Pangeran Diponegoro melawan penjajah.

Kemudian peran santri dalam periode perjuangan KH Hasyim Asy'ari hingga lahirnya Resolusi Jihad yang menjadi tonggak peringatan hari santri tanggal 22 Oktober 1945. Peran ketiga dalam periode Kemerdekaan. "Yang terakhir adaklaha santri periode millenial," jelasnya.

Selain kirab, peringatan hari santri juga akan dilakasanakan di masing-maisng kabupaten kota se-DIY. "Di tingkat provinsi, selain grebeg santri juga akan digelar Festival Santri dan Festival Panggung Krapyak di Kompleks Pesantren Krapyak," terangnya.

Dalam Festival Santri yag rencananya akan dilaksanakan pada 10 hingga 12 Oktober 2018 ini aka digelar berbagai kegiatan di antaranya pameran peninggalan dan karya para ulama Nusantara, pentas seni para santri, pameran lukisan Kyai dan santri hingga bazar dari berbagai organisasi santri. Di Festival Panggung Krapayk mentri Agama Lukman Hakim Saefuddin dijadwalkan hadir dalam kegiatan tersebut.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9884 seconds (0.1#10.140)