Ada Suara Misterius di Balik Reruntuhan Bangunan di Palu dan Donggala

Sabtu, 29 September 2018 - 16:53 WIB
Ada Suara Misterius...
Ada Suara Misterius di Balik Reruntuhan Bangunan di Palu dan Donggala
A A A
JAKARTA - Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menceritakan ada suara misterius dari reruntuhan bangunan saat malam hari menjelang di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

"Petugas banyak yang mendengar suara teriakan minta tolong. Tapi saat itu tidak bisa melakukan apa-apa, karena kondisinya masih seperti ini," kata Sutopo di Kantor BNPB, Jakarta Timur, Sabtu (29/9/2018).

Sutopo melanjutkan, sampai sekarang ini masih merasa kesulitan dalam mencari atau mengevakuasi para korban gempa."Proses evakuasi mencari korban seperti ini tidak mudah yang satu pertama kondisinya kalau malam gelap gulita seperti tadi malam," ujar Sutopo.

Sutopo mengungkapkan, pascagempa dan tsunami ternyata ada kebakaran-kebakaran kecil yang bisa disebut collateraldemits dan masih ada juga bencana susulan lainnya. Akibat musibah ini, kondisi jalan di Palu dan Donggala masih sulit untuk bisa dilalui dalam pengerahan personel, kendaran dan juga alat berat.

"Jalur menuju kota Palu kesulitan, karena beberapa tempat dari Poso menuju ke kota Palu kondisinya putus, jalannya memang hancur kemudian lereng-lereng perbukitan juga longsor," sebutnya.

Adanya musibah tersebut menyebabkan akses sulit. Namun pada sore ini diusahakan bantuan logistik bisa segera dikirimkan. "Insya Allah nanti sore akan diaktivasi sehingga bantuan bisa secara cepat diarahkan menuju ke bandara diangkut dan bisa didistribusikan dengan cepat," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7047 seconds (0.1#10.140)