Yayasan Pembangunan Berkelanjutan Sulut Serahkan Arsip ke ANRI

loading...
Yayasan Pembangunan Berkelanjutan Sulut Serahkan Arsip ke ANRI
Yayasan Pembangunan Berkelanjutan Sulut Serahkan Arsip ke ANRI
MANADO - Yayasan Pembangunan Berkelanjutan Sulawesi Utara (YPBSU) menyerahkan arsip statisnya kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Siaran pers yang diterima redaksi menyebutkan, penyerahan arsip statis diserahkan Ketua YPBSU Sugihartatmo kepada Kepala ANRI Mustari Irawan di Kantor ANRI, Jakarta, Rabu (19/09/2018).

Ketua YPBSU Sugihartatmo berharap arsip statis yang diserahkan dapat bermanfaat sebagai sumber referensi informasi bagi publik.“Dokumen-dokumen atau arsip hasil program Pemberdayaan Masyarakat dan program Pemantauan Lingkungan di perairan Teluk Buyat akan menjadi informasi dan data yang sangat berharga bagi kita semua. Juga menjadi catatan sejarah bagi kegiatan pertambangan di Sulawesi Utara dan upaya-upaya untuk melestarikan lingkungan di wilayah eks tambang tersebut,” kata Sugihartatmo.

Sementara itu, Kepala ANRI Mustari Irawan mengapresiasi kegiatan penyerahan arsip statis YPBSU ini.



“Atas nama Arsip Nasional Republik Indonesia menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Yayasan Pembangunan Berkelanjutan Sulawesi Utara (YPBSU) atas perhatian dan kepedulian untuk menyelamatkan dan melestarikan arsip yang bernilai guna pertanggungjawaban nasional untuk disimpan di ANRI,” kata Mustari.

Ada pun arsip statis yang diserahkan antara lain meliputi perjanjian niat baik (Goodwill Agreement) antara PT Newmont Minahasa Raya dengan Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Republik Indonesia.Kemudian, kesepakatan sementara keluhan warga Teluk Buyat mengenai pencemaran air tanah dan kesehatan warga yang dimediasi oleh KomnasHAM, kajian Exit Strategy YPBSU oleh Tim Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM, MoU dan BAST dengan Bupati Bolaang Mongondow Timur, Bupati Minahasa Tenggara, dan Pusat Inovasi untuk sumber daya wilayah dan pembangunan masyarakat madani (i-Cresent)

Selain itu juga video kegiatan pemantauan Teluk Buyat, laporan pemantauan lingkungan Teluk Buyat mengenai ekologi kelautan sub topik sedimen dan kandungan logam dalam ikan oleh Lembaga Penelitian Universitas Sam Ratulangi Manado, tanda terima penyerahan aset RSU Ratatotok berupa Sertifikat HGB Asli, BPKB asli, berita serah terima aset RSU Ratatotok dari YPBSU kepeda Kementerian Kesehatan beserta lampiran.

Selanjutnya arsip berupa surat dari Gubernur Sulawesi Utara kepada Menteri Kehutanan RI mengenai rekomendasi permohonan KHDTK areal eks tambang PT. Newmont Minahasa Raya sebagai Kebun Raya No. 552/4778/Sekr-Dishut/2013, arsip Kebun Raya Megawati Soekarnoputri: perjalanan menuju terwujudnya kebun raya dari lahan bekas tambang emas di Ratatotok Minahasa Tenggara

Serta peta kawasan hutan dengan tujuan khusus sebagai kebun raya untuk hutan penelitian, pengembangan, dan pendidikan lingkungan di Kabupaten Minahasa Tenggara Provinsi Sulawesi Utara.
(vhs)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top