Begini Proses Evakuasi Wisatawan Asing dari Gili Trawangan Lombok

Selasa, 07 Agustus 2018 - 13:24 WIB
Begini Proses Evakuasi Wisatawan Asing dari Gili Trawangan Lombok
Begini Proses Evakuasi Wisatawan Asing dari Gili Trawangan Lombok
A A A
JAKARTA - Evakuasi wisatawan asing, lokal dan masyarakat setempat melibatkan sejumlah unsur kapal, Selasa dini hari (7/8/2018). Wisatawan yang masih tersisa sekitar 100 orang dan dievakuasi Selasa pagi dari Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

“Wisatawan asing, lokal dan masyarakat setempat kurang lebih 1.200 orang telah dievakuasi menggunakan kapal Angkatan Laut (KAL) Balongan milik Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Mataram, Pelni, Basarnas, Polairud dan kapal wisata dengan sistem transfer boat menggunakan boat dan perahu karet sebagai pengamanan kegiatan evakuasi,” ungkap Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Selasa (6/8/2018).

Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah mengungkapkan, proses evakuasi diawali dengan menaikkan para wisatawan asing dan wisatawan lokal ke perahu karet dan boat yang mampu menampung sekitar 8-15 penumpang. Selanjutnya ditransfer ke kapal-kapal besar yang memiliki kemampuan menampung 2.000 penumpang lalu dievakuasi menuju Bali dan Lombok.

Kapuspen TNI menyampaikan terdapat kendala di lapangan dalam proses transfer boat disebabkan laut sedikit berombak yang mengakibatkan evakuasi memerlukan waktu lebih lama. Namun, pihaknya tetap berpedoman kepada zerro accident procedure sehingga kegiatan tetap berjalan lancar dan aman.
Begini Proses Evakuasi Wisatawan Asing dari Gili Trawangan Lombok
Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah menuturkan, kegiatan evakuasi para wisatawan asing dan wisatawan lokal dipantau secara langsung Kepala Staf Umum (Kasum) Laksdya TNI Dr Didit Herdiawan yang mendampingi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia (Menkopolhukam RI) Jenderal TNI (Purn) Wiranto dan pejabat instansi terkait.

Hingga Selasa pagi belum ditemukan adanya korban jiwa dari wisatawan asing di Gili Trawangan dan selama proses evakuasi telah dipersiapkan tim medis. (Baca Juga: 148 WNA Dievakuasi dari Gili Trawangan Lombok)
Begini Proses Evakuasi Wisatawan Asing dari Gili Trawangan Lombok

Kapuspen TNI menambahkan, selasa dini hari TNI telah memberangkatkan KRI Teluk Sibolga 536 dari dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Jakarta menuju Lombok dengan mengangkut sejumlah personel dari Yon Zikon 13, 7 Kendaraan Taktis, 3 kendaraan tanki air tawar, 1 kendaraan tanki BBM, 2 dump truk dan 1 unit truk NPS.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7159 seconds (0.1#10.140)