Rute Kirab Obor Asian Games 2018 di Sumut

Selasa, 31 Juli 2018 - 16:40 WIB
Rute Kirab Obor Asian Games 2018 di Sumut
Rute Kirab Obor Asian Games 2018 di Sumut
A A A
MEDAN - Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sumatera Utara (Sumut) menjadi salah satu dari 51 Kabupaten dan Kota di Indonesia yang melaksanakan festival kirab api obor (Torch Relay) Asian Games 2018.

Sebelum menyambangi Sumut, api Obor Asian Games pertama kali diambil di Stadion Dhyan Chand New Delhi, India, 15 Juli. Tiba di Indonesia 18 Juli di kawasan api abadi Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah. Kemudian menyambangi sejumlah kabupaten dan kota di Jawa, Sulawesi, Papua, Kalimantan, serta Sumatera.

Api obor tiba di Sumut pada 31 Juli melalui Bandara Internasional Kualanamu (KNIA), Deliserdang. Sejumlah rute yang akan dilalui diawali saat tiba di Bandara Kualanamu pukul 17.00 WIB.Selanjutnya diletakkan di dalam Thinder Box dibawa melintasi Kantor Bupati Serdang Bedagai, Rumah Dinas Wali Kota Tebing Tinggi, Kantor Wali Kota Pematangsiantar, menuju rumah singgah Pesanggrahan Soekarno di Parapat, Kabupaten Simalungun.
Pada tanggal 1 Agustus, obor dibawa menuju pantai Bulbul Balige, Toba Samosir pukul 07.00 WIB. Api obor dibawa oleh perahu hias menuju Pantai Bulbul, dan didampingi oleh jajaran kepala daerah serta Inasgoc.

Setibanya di Pantai Bulbul, api obor diarak oleh 10 atlet sejauh 2 kilometer dan terakhir disulut ke dalam mini Kaldron yang telah disiapkan. Selanjutnya api obor kembali dibawa menuju Siborong-borong Kabupaten Tapanuli Utara untuk dibawa menuju Pekanbaru melalui Bandara Silangit sekitar pukul 13.40 WIB.

Karo Operasional Polda Sumut, Kombes Pol Makmur Ginting mengatakan pengamanan akan berlangsung mulai kedatangan dari Aceh hingga penyerahan kembali di Bandara Silangit. "Rute mulai dari kedatangan dari Aceh. Begitu mendarat sampai penyerahan hingga acara puncak dan dikembalikan, kita tetap melakukan pengamanan secara maksimal," jelasnya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5017 seconds (0.1#10.140)