Suhu Udara di Bandung Lebih Dingin, Ini Penjelasannya

Jum'at, 06 Juli 2018 - 11:41 WIB
Suhu Udara di Bandung Lebih Dingin, Ini Penjelasannya
Suhu Udara di Bandung Lebih Dingin, Ini Penjelasannya
A A A
BANDUNG - Suhu di Kota Bandung, Jawa Barat dalam beberapa hari ini lebih dingin dari biasanya. Bahkan, hari ini tercatat sebagai suhu terdingin di Kota Bandung pada tahun ini.

Prakirawan BMKG Bandung Muhammad Iid Mujtahiddin mengatakan, suhu terendah di Bandung terjadi pada awal Juli 2018. Tapi, suhu hari ini menunjukkan titik paling rendah.

"Selama Juli dari tanggal 1-6 Juli, hari ini yang paling rendah, tercatat 16,4 derajat celcius, suhu maksimumnya tercatat di kisaran 28 derajat celcius," kata Iid, Jumat (6/7/2018).

Sebagai perbandingan, selama periode 1-5 Juli, suhu udara di Kota Bandung hanya di kisaran 17-18 derajat celcius. Sementara hari ini suhunya kembali menurun hingga mencapai 16,4 derajat celcius.

Kondisi itu karena saat ini di Indonesia sedang peralihan dari musim hujan ke musim kemarau. "Kondisi suhu di periode musim kemarau ini, itu relatif lebih dingin jika dibandingkan musim hujan, jadi hal wajar," ungkapnya.

Hal itu disebabkan angin tenggara atau angin timur yang berembus ke wilayah Indonesia, khususnya ke wilayah Jawa Barat. Di sisi lain, musim dingin sedang terjadi di Australia sehingga membuat suhu dingin 'menular' ke Indonesia, khususnya Jawa Barat.

Secara umum, di Benua Asia saat ini juga sedang memasuki musim dingin. Kondisi itu terjadi Juli hingga September. Sehingga, suhu di Indonesia juga pasti akan lebih dingin dibanding sebelumnya.

"Jadi, memang selama periode musim kemarau (di Indonesia) pasti suhunya relatif lebih dingin karena pengaruh musim juga, dari kondisi cuaca di Australia relatif pada saat itu (Juli-September) musim dingin, akan juga terasa (dampaknya) di wilayah Indonesia, khususnya Jawa Barat."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6910 seconds (0.1#10.140)