Taruna AAU Akhiri Pendidikan dengan Tradisi Mandi Suci

Senin, 25 Juni 2018 - 17:05 WIB
Taruna AAU Akhiri Pendidikan dengan Tradisi Mandi Suci
Taruna AAU Akhiri Pendidikan dengan Tradisi Mandi Suci
A A A
SLEMAN - Sebanyak 119 Taruna Tingkat IV Akademi Angkatan Udara (AAU) melakukan tradisi mandi suci di lapangan Dirgantara, AAU, Senin (25/6/2018) sore. Kegiatan ini merupakan acara rutin menjelang penutupan pendidikan di AAU.

Upacara mandi suci didahului penyiraman secara simbolis oleh Gubernur AAU Marsda TNI Sri Mulyo Handoko kepada tiga perwakilan taruna tingkat III dilanjutkan para pejabat teras AAU. Para taruna rencananya diwisuda oleh KSAU di AAU pada 28 Juni 2018 dan akan dilantik menjadi perwira remaja oleh Presiden di Istana Negara Jakarta pada 19 Juli mendatang.

Gubernur AAU mengatakan tradisi ini bukan hanya seremoni tapi lebih dari itu memiliki arti sebagai simbol pembersihan hati, pikiran, dan jiwa sebelum mereka meninggalkan almamater AAU dan memasuki gerbang menjadi perwira TNI Angkatan Udara (AU). "Itulah makna dari tradisi ini," kata Sri Mulyo di sela-sela kegiatan.

Dalam kegiatan ini para taruna tingkat IV juga melaksanakan kegiatan militer lapangan seperti lari, push up, merayap, jungkir dan berguling yang diawasi para juniornya. Hal ini bukan arena pelampiasan emosi, lebih-lebih ajang balas dendam junior kepada seniornya. Tetapi untuk memupuk rasa persaudaraan yang tinggi layaknya keluarga dan adik kakak.

"Pelaksanannya pun harus didasari semangat respek, penuh penghormatan serta ketulusan hati dan rasa kasih sayang, sehingga semua Taruna diharapkan memiliki kelapangan jiwa," katanya.

Sebelumnya mengikuti tradisi mandi suci mereka mendapat pembekalan dari Gubernur AAU dan Ibu Asuh Taruna di ruang VIP 2 AAU. Dalam pembekalan Gubernur AAU mengatakan meski telah mengakhiri pendidikan di AAU bukan berarti pendidikan selesai tetapi para taruna tetap harus terus berusaha meningkatkan ilmu pengetahuan baik dalam bidang ilmu kemiliteran maupun dalam bidang ilmu pengetahuan umum serta selalu menggali informasi, khususnya yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan kedirgantaraan.

Kepala penerangan (Kapen) AAU Mayor Sus Sanra Michiko menambahkan 119 taruna tingkat IV AAU itu, terdiri dari 110 taruna dan 9 taruni.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5747 seconds (0.1#10.140)