Triple Helix, Terobosan Atasi Pengangguran

Kamis, 31 Mei 2018 - 20:54 WIB
Triple Helix, Terobosan Atasi Pengangguran
Triple Helix, Terobosan Atasi Pengangguran
A A A
SURABAYA - Penganguran menjadi masalah kota-kota besar, termasuk Surabaya. Untuk itulah Pemkot Surabaya dan Politeknik Ubaya meneken nota kesepahaman Triple Helix.Apa itu Triple Helix ? Triple Helix merupakan satu terobosan baru di Indonesia. Para lulusan dari perguruan tinggi bisa langsung bekerja di berbagai perusahaan.

Direktur Politeknik Ubaya Benny Lianto menuturkan, setelah lulus mahasiswa akan mendapatkan jaminan pekerjaan di perusahaan-perusahaan yang bekerja sama dalam Triple Helix.

“Jadi pasti ada perusahaan yang akan menampung. Harapannya semoga para penerima beasiswa bisa bertanggung jawab atas beasiswa yang mereka dapatkan,“ ujar Benny.

Beny mengatakan ini seusai penandatanganan nota kesepahaman di Balai Kota Surabaya, Kamis (31/5/2018). Sementara Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menuturkan, saat berkunjung ke Markas Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) di AS, dirinya ditanya bagaimana caranya dapat membangun Kota Surabaya dengan cepat .

Dia pun menjelaskan kalau tidak hanya pemkot saja yang bagus, tapi semua unsur di kota ini ikut membangun seperti perguruan tinggi, BUMN, swasta bahkan media.

“Saat saya kesulitan, saya kan Insinyur, tidak mengerti mengenai hukum. Maka saya dibantulah oleh Ubaya. Jadi itu kekuatan yang ada di Surabaya, saling membantu,” ungkapnya.

Penandatanganan Triple Helix sendiri merupakan kerja sama antara tiga pihak yang terlibat secara langsung. YakniPemkot Surabaya, Politeknik Ubaya dan pimpinan perusahaan.

Kerja sama ini dalam bentuk pemberian beasiswa oleh Pemkot Surabaya kepada para warga kota yang nantinya akan kuliah di Politeknik Ubaya. Harapannya melalui beasiswa ini, ketiga pihak dapat menciptakan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang kompetitif dan berkualitas.

Program ini terbuka bagi warga yang memiliki KTP Surabaya dan berusia maksimal 22 tahun.Pendaftaran program ini harus melalui Pemkot Surabaya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6896 seconds (0.1#10.140)