Sosialisasikan Keselamatan, Menhub Tebar Life Jacket di Sungai Musi

Minggu, 27 Mei 2018 - 14:22 WIB
Sosialisasikan Keselamatan, Menhub Tebar Life Jacket di Sungai Musi
Sosialisasikan Keselamatan, Menhub Tebar Life Jacket di Sungai Musi
A A A
PALEMBANG - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membagikan ratusan life jacket (jaket keselamatan) para serang (juru mudi getek/jukung) di Dermaga Pasar 16 Ilir, Palembang Minggu (27/5/2018). Selain membagikan jaket, Menhub juga berbincang dengan para serang dan penumpang guna menyosialisasikan pentingnya keselamatan penumpang.

Menurut Menhub, transportasi cukup rawan kecelakaan, karena itu angkutan sungai harus memiliki atau menyediakan jaket keselamatan. "Transportasi sungai seperti yang ada di sungai Musi ini memang rawan kecelakaan. Paling tidak para penumpang harus dilengkapi life jacket. Keselamatan penumpang itu harus diperhatikan," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai memberikan bantuan life jacket di Dermaga yang terletak di bawah Jembatan Ampera, Minggu (27/5/2018) pagi.

Untuk diketahui, perahu jukung maupun speedboad memiliki kecepatan yang cukup tinggi sehingga diperlukan perangkat keselamatan. Dengan demikian, diperlukan formula untuk mengatasinya, karena keberadaan angkutan sungai ini telah eksis melayani masyarakat.

“Ke depan Kemenhub terus mencari formula yang pas untuk mencari jalan keluar permasalahan ini. Kita mencoba mengedukasi baik para pengemudi maupun penumpang untuk memperhatikan keselamatannya," katanya.

Dalam edukasi serang angkutan sungai ini, Kemenhub meminta Dinas Perhubungan untuk terus memperhatikan perangkat keselamatan termasuk rambu-rambu di sungai. Karena ini merupakan jantung kehidupan Palembang dan beberapa daerah di Sumsel, kapal kecil sudah menjadi primadona dari masyarakat, tetapi mereka tidak memperhatikan tingkat keselamatan. “Saya lihat kapal kecil ini tidak dilengkapi dengan alat-alat keselamatan. Dishub agar dapat berikan perhatian," pungkasnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5394 seconds (0.1#10.140)