Mantan Teroris: Bom di Surabaya Terinspirasi Aksi Luar Negeri

Minggu, 13 Mei 2018 - 16:16 WIB
Mantan Teroris: Bom di Surabaya Terinspirasi Aksi Luar Negeri
Mantan Teroris: Bom di Surabaya Terinspirasi Aksi Luar Negeri
A A A
SURABAYA - Mantan teroris Ali Fauzi menilai aksi bom bunuh diri di tiga gereja di Surabaya terinspirasi aksi terorisme di luar negeri. Kata Ali, aksi bom bunuh diri di luar negeri seperti di kawasan Timur Tengah, Afghanistan serta di Irak kerap dilakukan kaum hawa sebagai calon pengantinnya.

“Di Indonesia mungkin ini yang pertama kali ada korban dengan calon pengantinnya perempuan. Sebenarnya beberapa bulan lalu sudah pernah ada upaya bom di istana yang melibatkan perempuan, tapi gagal,” ujar Ali Fauzi, Minggu (13/5/2018).

Ia melanjutkan, para teroris di Indonesia memiliki kecenderungan untuk mengadopsi aksi bunuh diri dari luar negeri. Alasannya, aksi yang dilakukan di luar negeri memiliki dampak yang cukup besar. Makanya para teroris di Indonesia ingin melakukan aksi serupa dengan target keberhasilan.

“Para teroris kerap gagal ketika calon pengantinnya laki-laki. Makanya mereka mengubah cara dengan melibatkan perempuan,” jelasnya.

Ali sendiri menjelaskan kalau ada keterkaitan calon pengantin dengan aksi teror sebelumnya. “Bisa jadi suaminya meninggal di Irak, atau mereka saat ini masih dipenjara. Jadi istri para teroris itu masih menyimpan dendam,” ucapnya.

Adik terpidana kasus bom Bali, Ali Imron itu menambahkan, aksi bom bunuh diri di gereja yang ada di Surabaya diduga ada keterkaitan dengan jaringan Islamic State in Irak and Syria (ISIS). “Namun kita tunggu saja hasil pemeriksaan polisi, dugaan awal saya seperti itu,” jelasnya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0532 seconds (0.1#10.140)