Emil Dardak Tawarkan Solusi ISC untuk Petani Bawang

Jum'at, 04 Mei 2018 - 13:13 WIB
Emil Dardak Tawarkan Solusi ISC untuk Petani Bawang
Emil Dardak Tawarkan Solusi ISC untuk Petani Bawang
A A A
MAGETAN - Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak melihat potensi besar yang bisa digali di sektor pertanian yang ada di berbagai kabupaten/kota di Jatim. Salah satunya program Information Super Corridor (ISC) yang bisa meningkatkan produksi dan distribusi bawang.

Alumnus University Of Oxford ini ingin masyarakat setempat bisa sejahtera. Sebab, selama ini kendala petani bawang kerap bermasalah dalam stabilitas produksi. Sehingga harga di pasaran pun fluktuatif.

Saat berkunjung ke Desa Pakes, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan, Emil menemukan banyak keluhan dari masyarakat. Kedatangan Emil pun ke desa ini disambut antusias warga desa. Suami Arumi Bachsin ini pun berdialog dan menyerap aspirasi dan keluh kesah dari petani bawang di desa setempat dengan sesekali menggunakan bahasa Jawa krama inggil.

Sepanjang dialog, Emil Dardak pemaparan detail sekaligus mengupas masalah yang disampaikan para petani bawang ini. Salah satu problem yang dihadapi terkait hasil pertanian bawang yang minim. Problem lainnya soal biaya obat yang mahal, sehingga biaya produksi lebih besar dari hasil yang didapat.

Atas problem ini, Emil menawarkan program dari Jatim Agro yang ada di konsep Nawa Bhakti Satya. Jatim Agro bertujuan untuk mensejahterakan petani dengan menyediakan bantuan alat dan sarana prasarana, termasuk pengairan.

“Pertanian ini bukan hanya untung rugi, tetapi juga terkait kesejahteraan keluarga tani agar Indonesia memiliki kedaulatan pangan. Untuk mencapai itu keberpihakan kepada petani menjadi suatu keharusan,” ujar Emil di depan para petani bawang, Kamis (3/4/2018) malam.

Emil melanjutkan, dalam Jatim Agro juga ada program ISC. Keberadaan program ini diyakini mampu mempercepat produksi serta mempertahankan stanilitas para petani. Harga yang diperoleh pun bisa bersaing.

"Dengan program ISC ini kita dapat tahu di daerah ini musimnya lagi nggak bagus, berarti harus menanam tanaman ini misalnya. Dan apa yang tepat untuk ditanam musim ini,” ungkapnya.

Dalam kunjungannya, Emil mendapatkan seserahan dari petani berupa beras dan bawang merah hasil panen para petani. Mereka menitipkan harapan bagi dirinya untuk bisa berpihak pada masyarakat kecil.

Muhammad Syaiful, perwakilan petani menuturkan, seserahan ini adalah bentuk kecintaan dan harapan para petani kepada Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak. Para petani sejak dulu ingin adanya terobosan yang dilakukan pemerintah dalam rangka meningkatkan produksi panen.

“Beras dan bawang ini adalah hasil panen kami untuk Mas Emil. Kami sangat berharap sekali Khofifah-Emil dapat memimpin Jawa Timur, apalagi Mas Emil satu-satunya yang mewakili Mataraman,” jelasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6611 seconds (0.1#10.140)