Tingkatkan Kunjungan Wisata, KAI Dukung Reaktivasi Jalur KA Pangandaran

Rabu, 21 Maret 2018 - 17:59 WIB
Tingkatkan Kunjungan Wisata, KAI Dukung Reaktivasi Jalur KA Pangandaran
Tingkatkan Kunjungan Wisata, KAI Dukung Reaktivasi Jalur KA Pangandaran
A A A
PANGANDARAN - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mendukung wacana reaktivasi jalur wisata, Banjar-Cijulang-Pangandaran. Diaktifkanya jalur wisata, diharapkan dapat mendorong laju perekonomian dan kunjungan wisata ke Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Vice President (VP) Corporate Communication PT KAI Agus Komarudin mengatakan, reaktivasi jalur kereta Banjar-Pangandaran yang telah mati akan memberi efek positif bagi masyarakat. Akses transportasi akan lebih mudah dan murah.

"Kalau melihat potensi saya kira cukup bagus. Apalagi Pangandaran telah mencanangkan sebagai destinasi wisata dunia. Reaktivasi Pangandaran akan mempermudah akses ke kawasan wisata, yang selama ini harus ditempuh berjam-jam menggunakan kendaraan," kata Agus saat ada Napak Tilas Jalur Mati Banjar-Cijulang-Pangandaran, Rabu (21/3/2018).

Akses ke Pantai Pangandaran dari Bandung saat ini hanya bisa ditempuh menggunakan mobil atau pesawat. Perlu waktu setidaknya tujuh jam untuk perjalanan Bandung-Pangandaran. Berbeda bila akses tersebut menggunakan kereta api, diperkirakan akan lebih cepat. Saat ini, Bandung-Banjar bisa ditempuh sekitar 3,5 jam. Sementara perjalanan Banjar-Pangandaran sejauh 80 km.

Menurut dia, Pangandaran termasuk salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi. Di kawasan ini terdapat pantai yang cukup indah seperti Pangandaran, Batu Hiu, Batu Karas, wisata Grand Canyon, cagar alam, dan lainnya. Objek wisata di Pangandaran saat ini menjadi pemasukan utama Pemerintah Kabupaten Pangandaran.

Mengaktifkan kembali jalur kereta api, kata dia, ke depan akan menjadi pilihan masyarakat di tengah kepadatan kendaraan pribadi. Masyarakat juga mendambakan moda transportasi massal yang nyaman, terjangkau, dan cepat.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7188 seconds (0.1#10.140)