Helikopter BNPB Bantu Penanggulangan Kebakaran Hutan Riau

Rabu, 21 Maret 2018 - 12:59 WIB
Helikopter BNPB Bantu Penanggulangan Kebakaran Hutan Riau
Helikopter BNPB Bantu Penanggulangan Kebakaran Hutan Riau
A A A
PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau mendapatkan bantuan helikopter dari Pemerintah Pusat untuk penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Pemerintah Provinsi Riau saat ini masih menunggu armada lainnya untuk penanggulangan kebakaran.

Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Jim Gapur mengatakan, saat ini helikopter yang didatangkan untuk patroli. Helikopter tersebut saat ini berada di posko Penanggulangan Bencana Kebakakaran Hutan Riau di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru.

Pemerintah Provinsi Riau saat ini masih membutukan armada untuk water bombing (WB). "Helikopter yang datang jenis Bell 430. Heli bell ini diperbantukan untuk melakukan patroli udara," ucap Jim Gapur Rabu (21/3/2018).

Saat ini sudah sekitar seribu hektare hutan dan lahan Riau ludes terbakar. Pemerintah Provinsi Riau telah menetapkan status siaga darurat kebakaran pada 19 Februari 2018. BPBD Provinsi Riau telah mengajukan permohonan bantuan helikopter water bombong (bom air).

Helikopter tersebut direncanakan untuk melakukan pemadaman dari udara khususnya di daerah yang sulit dijangkau oleh tim darat. "Untuk helikopter water bombing, BNPB (Badan Penanggulangan Bencana Nasional) akan mengirimnya pekan depan," imbuhnya.

Selain itu, Pemerintah Provinsi Riau juga membutuhkan pesawat casa. Pesawat ini rencananya akan melakukan modifikasi cuaca untuk membuat hujan buatan. Permintaan pesawat untuk TMC (Teknologi Modifikasi Cuaca) juga telah dianjkan ke Pemerintah Pusat.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5975 seconds (0.1#10.140)