Khofifah Gerus Basis Gus Ipul

Jum'at, 02 Februari 2018 - 22:44 WIB
Khofifah Gerus Basis Gus Ipul
Khofifah Gerus Basis Gus Ipul
A A A
MOJOKERTO - Bakal Calon Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa terus menggerus basis massa rivalnya, Syaifullah Yusuf (Gus Ipul). Kali ini, Khofifah merebut dukungan dari para senior Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jawa Timur.

Sejumlah senior GP Ansor Jatim menggelar pertemuan dengan Khofifah di Desa / Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jumat (2/2/2018) sore. Tak hanya menggelar pertemuan, mereka juga mendeklarasikan dukungan untuk pasangan Khofifah Indar Parawansa – Emil Elestianto Dardak.

Para mantan pengurus GP Ansor kabupaten dan kota di Jatim itu bakal menggarap dukungan dari kalangan muda Nahdliyin. Tak hanya para senior GP Ansor yang mengatasnamakan Protolan Pemuda Ansor (Propesor) saja, deklarasi dukungan juga dilakukan para pendekar pencak silat se-Jatim.

Deklarasi dukungan yang dimotori senior GP Ansor Mojokerto Abdul Muchid itu dihadiri ratusan massa. Khofifah yang hadir bersama Emil Dardak tampak hangat menyambut dukungan ini.

Khofifah memberikan apresiasi terhadap dukungan yang diberikan para senior GP Ansor dan para pendekar pencak silat se-Jatim ini. Menurut dia, ini bagian dari penguatan squadron tim pemenangan. Dia berharap, dukungan dari dua kelompok tersebut akan memperkuat jaringan relawan pendukung lain yang sudah mendeklarasikan dukungan lebih dulu. ”Mereka adalah Ansor senior dan pendekar pencak silat,” kata Khofifah.

Dari kalangan Nahdliyin, Khofifah juga sudah merebut dukungan dari Muslimat NU. Sejumlah pengurus Muslimat NU di tingkat kabupaten dan kota di Jatim sudah mendeklarasikan dukungan. Bahkan menurut Khofifah, saat ini sudah banyak deklarasi yang dilakukan Muslimat NU di tingkat kepengurusan kecamatan hingga ranting. ”Sejauh saya ada waktu, akan saya hadiri. Ini upaya agar kami tak berjarak,” tandasnya.

Sejauh ini, Khofifah memang terlihat fokus untuk menggarap dukungan dari kalangan Nahdliyin. Sedangkan Emil Dardak, diharapkan mampu menambah dukungan dari kelompok milenial. Emil, lanjut dia, bakal menggarap kelompok-kelompok masyarakat lain dengan civil program yang sudah digagas. Salah satunya adalah Jalur Lintas Selatan (JLS).

”Biar nanti saya membangun skema detail soal pengentasan kemiskinan dan pengangguran. Di Jatim, masih banyak pengangguran, khususnya dari kalangan lulusan SMA,” tukasnya.

Sementara Abdul Muchid mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan seluruh senior Pemuda Ansor di Jatim. Menurutnya, pasca deklarasi ini, Propesor akan bergerak mendulang dukungan untuk Khofifah – Emil. ”Kami sudah sepakat untuk memberikan dukungan itu. Para pendekar pencak silat juga sudah bulat memberikan dukungan untuk Khofifah – Emil,” kata Abdul Muchid.

Sementara diketahui, dalam pilgub Jatim sebelumnya, Muchid dan organisasi binaannya, Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) memberikan dukungan kepada pasangan Soekarwo – Syaifullah Yusuf, yang menjadi rival Khofifah. Kali ini, para pendekar dan mantan pengurus GP Ansor berbalik dukungan kepada Khofifah.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5538 seconds (0.1#10.140)