Jelang Pilkada Serentak 2018, TNI-Polri Tandatangani Perjanjian

Kamis, 01 Februari 2018 - 11:50 WIB
Jelang Pilkada Serentak 2018, TNI-Polri Tandatangani Perjanjian
Jelang Pilkada Serentak 2018, TNI-Polri Tandatangani Perjanjian
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Jelang Pilkada Serentak 2018 mendatang di wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng), aparat keamanan mulai melakukan persiapan dan menjaga kekompakan untuk mengamankan pesta demokrasi ini.

Untuk Pilkada di Kalteng wilayah barat, ada dua kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada di bawah Kodim 1014 Pangkalan Bun, yakni Kabupaten Sukamara dan Lamandau. Untuk itu TNI-Polri harus kompak dan menjaga sinergitas dalam mengamankan pilkada tersebut.

"Hari ini kita melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Kodim 1014 Pangkalan Bun bersama Polri, instansi pemerintah, perguruan tinggi, organisasi kemasyarakatan, dan organisasi kepemudaan. Sebab kodim 1014 membawahi Sukamara dan Lamandau yang akan menggelar pesta demokrasi tersebut,” ujar Komandan Kodim 1014 Pangkalan Bun, Letkol Inf Wisnu Kurniawan usai penandatangan kerjasama bersama sejumlah instansi terkait di Aula Makodim, Kamis (1/2/2018).

Selain itu dirinya juga mengajak semua tamu undangan untuk pengenalan wawasan kebangsaan, ketahanan nasional dalam rangka pemantapan bela negara. "Selain itu saya juga memberikan bekal kepada prajurit TNI-Polri untuk materi bela negara. TNi Polri tidak boleh berpolitik praktis. Jadi harus netral dan hanya mengamankan pesta demokrasi supaya berjalan tertib dan lancar. Selain itu TNI AU dan AL juga akan dilibatkan dalam pengamanan Pilkada di Sukamara dan Lamandau," pungkasnya.

Semantara itu Kapolres Sukamara AKBP Andiyatna mengatakan, saat ini suasana Kabupaten Sukamara terbilang masih kondusif jelang Pilkada serentak 2018. Di Kabupaten Sukamara ada 3 pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati.

"Di Sukamara ada 115 TPS. Dan untuk pengamanan sudah kita siapkan 1 SSK personel TNI, ditambah dari Polres Sukamara 180 personel," ujar orang nomor satu di Polres Sukamara ini.

Saat ini anggota Polri sudah melakukan pendekatan-pendekatan ke tengah masyarakat supaya pelaksanaan pilkada bisa berjalan tertib dan lancar. "Kita rutin sambang ke desa-desa memberikan arahan dan bimbingan, supaya jika ada riak-riak di akar rumput bisa langsung kita atasi. Sejauh ini kondisi keamanan relatif kondusif," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4916 seconds (0.1#10.140)