PAN Resmi Dukung Khofifah di Pilgub Jatim

Selasa, 09 Januari 2018 - 18:09 WIB
PAN Resmi Dukung Khofifah di Pilgub Jatim
PAN Resmi Dukung Khofifah di Pilgub Jatim
A A A
SURABAYA - Kejutan masih mewarnai dinamika politik di Jawa Timur. Jelang penutupan pendaftaran pasangan calon di KPU Jatim, Partai Amanat Nasional (PAN) akhirnya berlabuh ke pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak.

Keputusan PAN merapat ke Khofifah terjadi setelah poros emas yang coba digagas Gerindra dan PKS gagal terwujud. Sedangkan PKS mulai berubah haluan dengan merapat ke Saifullah Yusuf atau Gus Ipul.

Sekretaris tim pemenangan Khofifah-Emil, Renville Antonio menuturkan, PAN sudah resmi menyatakan dukungan untuk ikut dalam koalisi yang dibangun Golkar, Demokrat, Hanura dan Nasdem. “Saya Pastikan kalau PAN akan mendukung kami, mereka juga akan ikut mengantarkan Khofifah-Emil ketika mendaftar ke KPU besok (hari ini, red),” ujar Renville, Selasa (9/1/2018).

Dia menambahkan, dari formulir B1KWK yang sudah disiapkan, PAN dengan tegas memberikan tanda tangan ketua umum dan Sekjen dalam dukungan ke Khofifah. Keputusan ini tentu menjadi angin segar bagi tim pemenangan Khofifah-Emil dalam upaya memenangkan pertarungan politik di Jatim. “Sudah fix kami masukkan karena sudah konfirmasi dengan PAN,” kata politisi yang juga Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim.

Dengan dukungan dari PAN, maka koalisi poros emas dipastikan gagal terbentuk. Sisa kursi Gerindra 13 dan PKS tidak cukup untuk mendaftarkan pasangan calon. Pilgub 2018 bisa dipastikan hanya diikuti dua paslon yang akan berlaga.

Sementara itu saat dikonfirmasi, Bendahara DPW PAN Jatim Agus Maimun membenarkan partainya sudah mendukung pasangan Khofifah-Emil. Keputusan yang diambil oleh DPP PAN segera diumumkan secara resmi hari ini. “Sudah, PAN ke Khofifah-Emil. Nanti sore deklarasi di DPP PAN,” jawab Agus saat dikonfirmasi melalui ponselnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8367 seconds (0.1#10.140)