Gagal Usung Calon, Poros Emas Terancam Bubar

Selasa, 09 Januari 2018 - 16:21 WIB
Gagal Usung Calon, Poros Emas Terancam Bubar
Gagal Usung Calon, Poros Emas Terancam Bubar
A A A
SURABAYA - Poros emas terancam bubar setelah salah satu partai anggotanya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengisyaratkan mengarahkan dukungan pada bakal calon gubernur (bacagub) Jawa Timur (Jatim) Saifullah Yusuf. Poros emas terdiri dari Partai Gerindra, PKS, dan Partai Amanat Nasional (PAN), awalnya hendak mengusung calon sendiri.

Ketua Umum DPW PKS Jatim Arif Hari Setiawan mengatakan, selama ini pihaknya intens berkomunikasi dengan wakil gubernur (wagub) Jatim tersebut. Bahkan komunikasi itu dibangun sebelum Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuf resmi diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Gus Ipul, kata dia, sering berkunjung ke kantor DPW PKS yang ada di Jalan Gayungsari. "Tadi pagi sekitar pukul 10.00 WIB Gus Ipul juga datang ke kantor DPW (PKS) setelah dari Jakarta. Pertemuan itu membicarakan terkait dinamika Pilgub Jatim," katanya, Selasa (9/1/2018).

Dia menambahkan, pihaknya akan mendukung calon yang sering intens berkomunikasi dengan PKS. Selain itu, calon tersebut juga berkomitmen untuk membantu PKS dalam sejumlah Pilkada di Jatim. Sedangkan Khofifah sangat minim menjalin komunikasi dengan partai yang memiliki 6 kursi di DPRD Jatim itu.

"Kami tidak peduli siapapun wakilnya, baik itu laki-laki atau perempuan sama saja. Kalau hubungan kami kan dengan cagub bukan cawagub. Kami memilih calon kan tidak untuk kalah, tapi tentu yang memilik peluang besar untuk menang," imbuhnya.

Namun begitu, DPW PKS masih belum secara tegas pasangan mana yang akan didukung karena menunggu arahan dari DPP PKS. Di sisi lain, PAN sudah mengarahkan dukungannya ke pasangan Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak.

Rencananya, PAN akan ikut rombongan bersama Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Nasdem dan Partai Hanura mengantarkan pasangan Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim. Rencananya pasangan ini akan mendaftar sekitar pukul 10.00 WIB. "Ya rencananya kami akan ikut mendaftarkan ke KPU pagi hari," kata Bendahara DPW PAN Jatim, Agus Maimun.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8329 seconds (0.1#10.140)