Puluhan Perempuan dan Anak di Blitar Alami Pelecehan Seksual

Kamis, 04 Januari 2018 - 20:59 WIB
Puluhan Perempuan dan Anak di Blitar Alami Pelecehan Seksual
Puluhan Perempuan dan Anak di Blitar Alami Pelecehan Seksual
A A A
BLITAR - Pelecehan seksual masih menempati urutan teratas dari 85 kasus kekerasan yang menimpa perempuan dan anak di Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Kehormatan 23 perempuan dan anak di Kabupaten Blitar telah direnggut paksa.

Dibanding tahun 2016, kasus kekerasan di tahun 2017 mengalami tren kenaikan. "Trennya naik dibanding tahun 2016 sebanyak 83 kasus. Dan kasus pelecehan seksual menempati urutan tertinggi," ujar Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan Anak Kabupaten Blitar Wahid Rosyidi.

Selain 23 kasus pelecehan seksual, dari 85 kasus yang tercatat, 20 di antaranya kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Motifnya pun beragam. Beberapa di antaranya masalah orang ketiga. Namun tidak sedikit karena faktor ekonomi.

Kemudian dua kasus trafficking, 4 kasus pencabulan, 17 kekerasan pada anak dan 19 kasus anak berhadapan dengan hukum. "Spesifikasi kasusnya tidak jauh beda dengan tahun sebelumnya. Didominasi pelecehan seksual dan KDRT," terang Wahid.

Meski secara statistik lebih banyak. Penanganan kasus di tahun 2017 relatif tuntas. Semua kasus tertangani dengan baik. Berbeda dengan tahun 2016. Menurut Wahid dari 83 kasus yang ada, hanya 50 kasus yang tertangani. Kasus selebihnya tidak ada kejelasan.

"Sebab di tahun 2017 kita melibatkan banyak pihak termasuk didalamnya tokoh agama," ungkapnya.

Zaenal warga Kecamatan Wonodadi menilai masih tingginya kasus kekerasan pada perempuan dan anak tidak lepas dari masih kurangnya peran negara menciptakan kesejahteraan buat warganya.

Sebab, sebagian besar yang melatarbelakangi timbulnya kekerasan adalah faktor ekonomi. "Dan sebagian besar terjadi pada keluarga tidak mampu. Selain itu sosialisasi pemerintah hendaknya terus digencarkan," ujarnya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6908 seconds (0.1#10.140)