Lolos Verifikasi Faktual, Calon Independen Pilkada Kota Madiun Siap Bertempur

Sabtu, 30 Desember 2017 - 17:26 WIB
Lolos Verifikasi Faktual, Calon Independen Pilkada Kota Madiun Siap Bertempur
Lolos Verifikasi Faktual, Calon Independen Pilkada Kota Madiun Siap Bertempur
A A A
MADIUN - Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Madiun dari jalur independen, Haryyadin Mahardika dan Arief Rahman, sudah dinyatakan lolos verifikasi faktual dalam Rapat Pleno Terbuka KPU Kota Madiun, Sabtu (30/12/2017). Kehadiran pasang Haryyadin-Arief dipastikan maju dan mendaftar pada ajang Pilkada Kota Madiun pada 8-10 Januari 2018.

Kabar ini cukup melegakan, mengingat hingga saat ini rekomendasi dari partai-partai belum ada kejelasan. Beberapa nama calon yang sudah lama muncul termasuk Sekda Maidi dan Wakil Wali Kota Armaya nasibnya masih bergantung pada calon partai pengusung.

“Verifikasi faktual untuk pasangan independen Harryadin Mahardika-Arief Rahman di KPU kota Madiun sudah selesai dan selanjutnya dinyatakan bisa mendaftar sebagai calon pada tanggal 8-10 Januari 2018 mendatang,” kata Ketua KPU Kota Madiun Sasongko yang memimpin rapat pleno didampingi semua komisioner.

Menurut Sasongko, berdasarkan hitungan KPU bakal pasangan calon tersebut menyerahkan dukungan lebih dari 16.725, sedangkan ketentuan batas minimal adalah 14.441. Merode verifikasi faktual oleh KPU Kota Madiun itu yang dilaksanakan oleh PPS tiap kelurahan dan diawasi oleh Panwaslu itu menggunakan metode sensus.

Jumlah dukungan riil dan memenuhi syarat dari 27 kelurahan di Kota Madiun berjumlah 16.725, dari 18.451 KTP dukungan yang diserahkan. Rinciannya, jumlah dukungan untuk pasangan independen ini di Kecamatan Kartoharjo sebanyak 4.439, Kecamatan Manguharjo 5.993 dan Kecamatan Taman 6.293.

"Alhamdulillah, Kota Madiun sudah memiliki calon yang sudah pasti mengikuti pilkada Kota Madiun," kata Ketua KPU Kota Madiun, Sasongko, sembari tersenyum.

Terpisah, bakal calon wali kota Harryadin Mahardika juga sangat lega dengan hasil rapat pleno KPU Kota Madiun ini. "Kami sangat bersyukur, alhamdulillah satu tahap terlewati tinggal pendaftaran sebagai calon saja. Terima kasih kepada KPU Kota Madiun juga Panwaslu yang telah bekerja keras dan profesional selama ini," kata Harryadin kepada wartawan.

Tak lupa, tambah Ketua Aliansi Program MM se-Indonesia ini, ini juga berkat kerja keras dan ikhlas tim serta relawan di tingkat kota, kecamatan hingga kelurahan-kelurahan. "Terima kasih semuanya, mari bersama kita mewujudkan Kota Madiun yang cerdas, pemerintahannya inovatif dan bersih, tanpa korupsi serta seluruh masyarakat dari golongan mana pun aman, nyaman dan makmur di Madiun," tukas Harryadin.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7994 seconds (0.1#10.140)