KPU Nyatakan Syarat Administrasi Perindo DIY Lengkap dan Sarana Bagus

Selasa, 19 Desember 2017 - 19:11 WIB
KPU Nyatakan Syarat Administrasi Perindo DIY Lengkap dan Sarana Bagus
KPU Nyatakan Syarat Administrasi Perindo DIY Lengkap dan Sarana Bagus
A A A
YOGYAKARTA - Dewan Pimpinan wilayah (DPW) Perindo DIY, telah diverifikasi oleh Komisi pemilihan Umum (KPU) DIY. Hasilnya, berkas administrasi Partai Perindo dinyatakan lengkap dan akan dibuat berita acara dalam rapat pleno KPU DIY.

Verifikasi faktual ini dilakukan tiga komisoner KPU DIY, Tri Guno Utomo, Siti Ghoniyatun dan Ahmad Anfasul Marom. Dalam verifikasi ini juga dipantau oleh Bawaslu DIY yang diwakili oleh Sri Werdiningsih.

Mereka datang di kantor DPW Perindo DIY di Jalan Ipda Tut Harsoyo dan diterima oleh Ketua DPW Partai Perindo DIY Nanang Sri Roekmadi dan sejumlah pengurus yang lain.

Menurut Siti Ghoniyatun, verifikasi faktual ini merupakan salah satu tahapa verifikasi yang harus dilakukan oleh partai politik agar bisa menjadi peserta pemilu. Sesuai peraturan KPU dan perundangan yang ada, salah satu tahapanya adalah penelitian administrasi yang lolos administrasi dilakukan dengan verifikasi vaktual. “Jadi kita verifikasi kantor, struktur kepengurusan dan keterwakilan 30% perempuan,” jelas Siti.

Dari hasil verifikais faktual, diketahui semuanya sudah lengkap. KPU juga sempat melihat kesiapan administrasi dan persyaratan pendukung perkantoran, semuanya sudah cukup. “Sarananya juga sudah cukup,” jelas mantan Ketua KPU Kulonprogo ini.

Di DIY verifikasi faktual saat ini hanya menyasar dua parpol, yakni Perindo dan PSI. Rencananya untuk PSI akan dilaksanakan pada Rabu 20 Desember 2017. Hasil verifikasi ini nantinya akan diplenokan untuk disampaikan kepada KPU RI untuk menentukan hasil verifikasi parpol untuk bisa lolos menjadi peserta pemilu 2019 atau tidak.

“KPU DIY hanya akan memplenokan dan dituangkan dalam berita acara untuk diserahkan kepada pusat,” tuturnya.

Komisoner KPU DIY yang lain, Ahmad Anfasul Marom berharap para pengurus Perindo untuk senantiasa aktif melakukan komunikasi dengan KPU DIY.

Salah satunya untuk mempersiapkan berkas administrasi pendukung dalam proses verifikasi. Dimana ada keabsahan yang harus ditaati dan tahapan-tahapan yang harus dijalani. “Yang penting aktif melakukan komunikasi,” jelasnya.

Ketua DPW Partai Perindo DIY, Nanang Sri Roekmadi mengaku sejak awal pihaknya yakin proses verifikasi faktual akan lolos dan tidak ada masalah.

Sebab semua berkas partai dan kepengurusan sudah lengkap baik di tingkat DIY maupun kabupaten/kota. “Kapan saja silahkan cek, kami siap untuk diverifikasi,” ujarnya.

Nanang sendiri yakin verifikasi faktual di lima kabupaten/kota juga akan lancer dan tidak ada masalah. Sesuai dengan data sistem politik (sipol) semuanya sudah disesuaikan. Sehingga nantinya ketika akan ada verifikasi KTA, sudah tidak ada masalah lagi.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4638 seconds (0.1#10.140)