Dukung NYIA Kulonprogo, Ini Harapan Seniman Yogyakarta

Kamis, 07 Desember 2017 - 23:00 WIB
Dukung NYIA Kulonprogo, Ini Harapan Seniman Yogyakarta
Dukung NYIA Kulonprogo, Ini Harapan Seniman Yogyakarta
A A A
JAKARTA - Seniman Budi Ubrux mendukung pembangunan New Yogyakarta Internasional Airport (NYIA) Kulonprogo. Dia berharap dengan dibangunnya NYIA Kulonprogo, Indonesia dan Yogyakarta khususnya akan lebih memperkuat tradisi dan seni di Kota Pelajar.

Keberadaan NYIA Kulonprogo ditekankan dia akan memudahkan seniman dari berbagai belahan dunia untuk datang ke Indonesia. Suatu kebanggaan tersendiri bagi seniman jika diberikan sarana dan prasarana guna menunjang aktivitas di dunia seni.

"Sangat mendukung sekali dan harapannya itu seperti, kita kan seniman, seperti jaman Pak Soekarno (Presiden RI Pertama-red). Banyak seniman seluruh dunia bangga dan ingin sekali datang ke Indonesia," kata Budi Ubrux dalam keterangannya, Kamis (7/12/2017).

Seniman kelahiran 22 Desember 1968 di Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini mengungkapkan, pada masa itu banyak karya-karya seniman yang bangga karena mendapatkan apresiasi dari Presiden Soekarno.

Budi Ubrux menyinggung bagaimana seniman dari berbagai negara datang ke Bali saat itu. Mereka datang dan belajar di Bali hingga beberapa di antaranya banyak yang menetap di daerah tersebut. Melalui Bandara NYIA Kulonprogo itu, dia berharap seniman akan mendapatkan tempat tersendiri di masa mendatang.

"Dulu banyak seniman-seniman seluruh dunia itu menetap di Bali, terus melukis di Bali dan sampai menetap tinggal di Indonesia. Dengan Bandara Jogja yang baru ini, harapannya seperti zaman Pak Karno, banyak seniman-seniman yang ingin datang ke Jogja," tuturnya.

Ditambahkan Ubrux, Jogja merupakan Kota Budaya atau Pusat Budaya di Indonesia. Banyak seniman dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri ingin berkumpul di Yogyakarta. Saat ini, tercatat ada 7 ribu lebih seniman yang tersebar di Kota Gudeg.

Jumlah ini yang tercatat di perguruan tinggi dan masih banyak seniman otodidak yang tidak tercatat. Baginya, keberadaan NYIA Kulonprogo sebagaimana kemajuan diberbagai bidang, selayaknya diterima demi kemajuan di Yogyakarta dan Indonesia pada umumnya.

"Prinsipnya kalangan seniman bisa melihat manfaat dengan adanya bandara ini," tutupnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4817 seconds (0.1#10.140)