Nama Ibunda Amien Rais Diabadikan di Masjid UMS

Rabu, 29 November 2017 - 06:56 WIB
Nama Ibunda Amien Rais...
Nama Ibunda Amien Rais Diabadikan di Masjid UMS
A A A
SOLO - Nama Hj Sudalmiyah Rais diabadikan menjadi nama masjid di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Ibunda tokoh reformasi Amien Rais tersebut dipilih karena sebagai salah satu perintis berdirinya UMS.

Kepala Bagian Humas UMS Solo Anam Sutopo mengatakan, peresmian masjid dijadwalkan dilakukan pada Minggu (3/12/2017). Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nasir dijadwalkan hadir. "Selain itu dua mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin dan Amien Rais juga akan datang," ujar Anam Sutopo, di Solo, Selasa (28/11/2017) siang.

Masjid yang akan diresmikan mulai dibangun sekitar satu tahun lalu. Masjid dibangun tiga lantai dengan menelan anggaran sekitar Rp20 miliar. Masjid itu dapat menampung sekitar 3.000 jamaah. Nama ibunda tokoh reformasi Amien Rais sengaja dipilih sebagai penghormatan atas jasanya turut merintis UMS yang berdiri 18 November 1958. Selain itu juga untuk mengangkat kiprah peran tokoh tokoh perempuan Muhammadiyah.

Peresmian rencananya dihadiri sekitar 41.000 warga Muhammadiyah. Acara ini sekaligus sebagai sosialisasi rencana Muktamar Muhammadiyah tahun 2020 mendatang yang diadakan di Kota Solo. Sebagai persiapan, UMS rencananya membangun edutorium dan rumah sakit pendidikan. Keduanya akan dibangun di area edupark UMS di lahan seluas empat hektare.

Edutorium yang diproyeksikan mampu menampung 7.000 orang, rencananya dipakai sebagai salah satu tempat kegiatan Muktamar Muhammadiyah.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1061 seconds (0.1#10.140)