Pemkab Tapsel Abadikan Nama Lafran Pane

Senin, 20 November 2017 - 07:02 WIB
Pemkab Tapsel Abadikan Nama Lafran Pane
Pemkab Tapsel Abadikan Nama Lafran Pane
A A A
SIPIROK - Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara akan mengabadikan nama Lafran Pane, sebagai nama perpustakaan daerah di Kabupaten Tapanuli Selatan.

"Saat ini, perpusatakaan daerah sedang dibangun di Sipirok dan akan diberikan nama Perpustakaan Daerah Lafran Pane Kabupaten Tapsel," ungkap Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu usai menghadiri acara tasyakuran rakyat di Desa Pangurabaan, Sipirok, Kabupaten Tapsel, Minggu (19/11/2017).

Kata Syahrul, pemberian nama Lafran Pane untuk perpustakaan daerah itu untuk mengenang jasanya sebagai pahlawan yang juga pendiri organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Menurutnya, Lafran Pane sudah banyak berjasa terhadap bangsa Indonesia, sehingga layak mendapatkan gelar pahlawan nasional.

Tentunya, perpusatakaan tersebut akan menyediakan berbagai jenis buku, terutama buku-buku karangan Lapran Pane. Menurutnya, perpustakaan ini nantinya terbuka untuk umum, sehingga dapat mempercepat peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Tapsel, khususnya Sipirok.

Selain itu, Pemkab Tapsel juga sepakat untuk menamai jalan menuju kantor Bupati Tapsel di Dano Situmba, Sipirok, Kecamatan Sipirok, Tapsel, menjadi Jalan Lafran Pane. "Saya sudah berembuk dengan berbagai unsur pimpinan di Tapsel seperti Wakil Bupati Tapsel, Aswin Efendi Siregar dan Sekda Tapsel Parulian Nasution dan mereka setuju nama jalan menuju kantor bupati itu Lapran Pane," ujarnya.

Untuk diketahui, ribuan warga Tapsel dan sejumlah tokoh nasional menggelar tasyakuran atas penobatan Lafran Pane sebagai pahlawan nasional di Sipirok, Kabupaten Tapsel, kemarin. Kegiatan tasyakuran dipusatkan di Desa Pangurabaan, kampung halaman Lafran Pane.

Selain Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu, acara syukuran tersebut dihadiri tokoh nasional di antaranya, Akbar Tanjung (Wakil Ketua Dewan Keharmatan Partai Golkar), Ibrahim Ambong (mantan anggota DPR dan duta besar Indonesia untuk Chile), Gus Irawan Pasaribu (Ketua Komisi VII DPR, Baharuddin Aritonang (mantan anggota BPK) dan Iqbal Pane (putera Lafran Pane).
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7459 seconds (0.1#10.140)
pixels