Presiden Jokowi Mantu, Bandara Adi Soemarmo Siapkan Apron 21 Parking Stand

Selasa, 07 November 2017 - 15:33 WIB
Presiden Jokowi Mantu,...
Presiden Jokowi Mantu, Bandara Adi Soemarmo Siapkan Apron 21 Parking Stand
A A A
SOLO - Bandara Adi Soemarmo Solo menyiapkan apron sebanyak 21 parking stand guna menyambut kedatangan tamu undangan pesta pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu-Muhammad Bobby Afif Nasution, 8 November 2017. Apron yang disediakan dapat dipakai dalam waktu bersamaan.

Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero) Israwadi mengatakan, berdasarkan data terkini terdapat 29 chartered flight hingga 9 November mendatang. Diantaranya dari maskapai Garuda Indonesia, Enggang Air, Premi Air, TNI, Karisma Bahana Aviation, Sriwijaya Air, Indonesia Air Transport, Sari Rahayu Biomantra, Jhonlin Air Transport, Transwisata, Seacon Aviation Air Pacific, empat extra flight Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air. Selain itu, Garuda Indonesia juga melakukan penggantian lima pesawat menjadi pesawat berbadan besar.

“Untuk memfasilitasi tambahan penerbangan ini, di Bandara Adi Soemarmo Solo telah disiapkan apron tempat parkir pesawat sebanyak 21 parking stand,” ujar Israwadi, Selasa (7/11/2017) siang.

Adapun konfigurasi parking stand meliputi 1 parking stand untuk pesawat wide body, 3 parking stand untuk pesawat narrow body, 9 parking stand untuk pesawat dengan rentang sayap (wingspan) kurang dari 20 meter, dan 8 parking stand untuk pesawat dengan wingspan kurang dari 30 meter.

Selain itu, Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta juga disiapkan menerima kedatangan tamu undangan. Jika terdapat permintaan tambahan slot penerbangan ke Bandara Adi Soemarmo Solo, maka penerbangan akan dialihkan parkirnya ke Bandara Adi Sutjipto. Yakni dialokasikan total 10 parking stand (empat parking stand di military apron dan enam parking stand di civil apron) untuk pesawat dengan wingspan kurang dari 20 meter. Untuk sementara, baru terdapat satu unscheduled flight di Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta.

Guna memfasilitasi banyaknya kedatangan penerbangan tambahan di luar jadwal penerbangan reguler ke Bandara Adi Soemarmo dan mengantisipasi kepadatan di terminal, PT Angkasa Pura I (Persero) juga menambah jam operasi bandara menjadi 24 jam pada Selasa (7/11/2017) dan Rabu (8/11/2017). Serta akan menghentikan seluruh pekerjaan beautifikasi terminal bandara pada Rabu (8/11).

“Untuk mendukung sukses dan lancarnya acara pernikahan putri Presiden Joko Widodo di Solo, di mana ribuan tamu undangan akan datang melewati bandara-bandara kami, Angkasa Pura I cabang Bandara Adi Soemarmo Solo dan Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta telah menyiapkan skema pengaturan parkir pesawat chartered dan tambahan yang membawa tamu undangan Presiden Joko Widodo,” terangnya.

Guna menjaga kenyamanan tamu undangan yang akan melakukan perjalanan pulang melalui Bandara Adi Sumarmo, juga dapat menikmati fasilitas ruang tunggu Concordia Executive Lounge di mana di dalamnya terdapat berbagai fasilitas yang memanjakan seperti akses langsung ke parkir pesawat, reflexology, buffet makanan dengan menu khas Solo, internet corner, wi-fi, fasilitas rapat, musala, dan layanan lainnya yang dapat menampung 200 seats.

Direktur Operasi PT Angkasa Pura I (Persero) Wendo Asrul Rose telah berkoordinasi dengan instansi terkait. Seperti pihak maskapai, groundhandling, dan TNI Angkatan Udara guna memastikan keamanan dan kenyamanan operasional bandara dalam melayani penumpang umum dan tamu undangan acara pernikahan Presiden Jokowi.

(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1792 seconds (0.1#10.140)