Kahiyang Ayu Sungkem, Jokowi-Iriana Terharu

Selasa, 07 November 2017 - 12:24 WIB
Kahiyang Ayu Sungkem, Jokowi-Iriana Terharu
Kahiyang Ayu Sungkem, Jokowi-Iriana Terharu
A A A
SOLO - Putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu, selesai menjalani prosesi siraman, Selasa (7/11/2017). Calon istri Bobby Nasution ini disiram dengan air dari tujuh sumber mata air yang berbeda.

Prosesi siraman berlangsung setelah Presiden Jokowi memasang bleketepe dan tuwuhan. Setelah itu, Jokowi dan Iriana berjualan dawet dan dilanjutkan dengan siraman.

Prosesi siraman dilakukan oleh sesepuh dan pinisepuh, di antaranya Sujiatmi Notomiharjo (ibunda Jokowi), Elisabet Endang Rudyatmo (istri wali Kota Solo), Danarsih Dullah, Ibu Setyawan Prasetyo, Widodo Prasetyo. Selain itu, Anik Hari Milyantono, Ibu Didit Supriyadi, Ibu Idayati Hari Mulyono, dan Ibu Idong Setyo Husodo. Siraman diakhiri oleh Presiden Jokowi dan Iriana.

Ibu Negara Iriana Jokowi tampak menangis terharu ketika Kahiyang menjalani prosesi sungkeman. Calon mempelai perempuan juga nampak meneteskan air mata. "Tadi Pak Jokowi dan Ibu Iriana sangat terharu," ujar Ita Budi Suharto, salah satu jamaah pengajian Latifa yang turut menjadi undangan saat saat prosesi siraman.

Saat prosesi sungkeman, Jokowi dan Iriana tampak memberikan pesan-pesan kepada Kahiyang. Setelah siraman, dilakukan pemecahan kendi sebagai tanda wanita siap menikah, atau pecah pamor. Prosesi siraman ditutup dengan ritual potong rambut Kahiyang Ayu oleh kedua orang tuanya. Potongan rambut lalu disatukan dengan potongan rambut Bobby Nasution dan ditanam di pekarangan rumah.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3883 seconds (0.1#10.140)