Jokowi Mantu, Kereta Mempelai Dihias Saat Midodareni

Senin, 06 November 2017 - 09:58 WIB
Jokowi Mantu, Kereta Mempelai Dihias Saat Midodareni
Jokowi Mantu, Kereta Mempelai Dihias Saat Midodareni
A A A
SOLO - Delapan kereta kuda yang dilibatkan dalam pesta pernikahan Kahiyang Ayu-Muhammad Bobby Afif Nasution, akan dihias saat midodareni atau malam hari sebelum ijab kabul yang digelar 8 November, di Solo, Jawa Tengah. Hal ini dilakukan karena bunga yang dipakai untuk menghias merupakan bunga asli yang cepat layu.

Menurut Anwar Muhtadi (76), yang dipercaya keluarga Presiden Jokowi untuk menyiapkan kereta pernikahan Kahiyang-Bobby, total ada delapan kereta yang dipakai. Empat kereta di antaranya untuk membawa Bobby dan keluarganya dari Hotel Alila, Solo menuju Gedung Graha Saba, Jalan Letjend Suprapto yang menjadi tempat resepsi pernikahan. Sedangkan empat kereta kuda lainnya dipakai untuk membawa Kahiyang Ayu dan keluarga Presiden Jokowi dari kediaman pribadi di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo.

"Untuk menarik delapan kereta, maka kuda yang dibutuhkan ada 16," kata Anwar Muhtadi saat ditemui di kediamannya di Jalan Sidoluhur 63 Kecamatan Laweyan, Solo, Jawa Tengah, pekan lalu.

Sementara, total kru kereta ada 20 orang. Kereta rencananya diberangkat menuju dua titik sekitar pukul 06.00 WIB saat hari H, yakni Hotel Alila dan kediaman pribadi Presiden di Sumber. Kereta yang akan dinaiki Bobby adalah milik Presiden Jokowi sendiri yang kini disimpan di rumah Anwar Muhtadi. Sedangkan yang dinaiki mempelai perempuan adalah kereta kencana milik Pemkot Solo yang tersimpan di Loji Gandrung (rumah dinas Wali Kota Solo).

Anwar Muhtadi menyebut dirinya mendapat mandat dari putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka untuk menyiapkan kereta kuda sekitar satu bulan lalu.

Selain kereta, kuda yang akan dipakai untuk menarik juga telah siap. Kereta kencana tidak jadi ditarik kuda putih sebagaimana ia sampaikan sebelumnya. Selain dari Solo, kuda juga didatangkan dari Yogyakarta dan sejumlah daerah lainnya. "Jenis kudanya poni, betina semua karena tidak liar," ujarnya.

Kereta akan dihias pada Selasa, 7 November 2017, atau sehari sebelum jadwal acara resepsi. Sebagaimana saat mantu pertama Presiden Jokowi tahun 2015, kereta dihias saat malam midodareni karena bunga yang dipakai asli semua. "Kalau dihias siang cepat layu karena bunganya asli semua," ujarnya.

Diperkirakan, tim dekorasi selesai menghias pada Rabu (8/11/2017) pukul 01.00 WIB.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8121 seconds (0.1#10.140)