Patuh Berlalu Lintas, Polres Mojokerto Berikan Doorprize

Rabu, 01 November 2017 - 17:47 WIB
Patuh Berlalu Lintas, Polres Mojokerto Berikan Doorprize
Patuh Berlalu Lintas, Polres Mojokerto Berikan Doorprize
A A A
MOJOKERTO - Kesan angker Operasi Zebra 2017 ditepis Polres Mojokerto Kabupaten dengan memberikan reward kepada pengguna jalan yang tertib lalu-lintas. Selain memberikan sanksi bagi pelanggar lantas, polisi juga memberikan doorprize bagi pengemudi sepeda motor dan mobil yang dianggap patuh terhadap peraturan lalu-lintas.

Kapolres Mojokerto Kabupaten AKBP Leonardus Simarmata mengatakan, terobosan baru itu dilakukan untuk memberikan keseimbangan antara sanksi dan reward bagi pengendara sepeda motor dan mobil. Selama ini, ada kesan jika Operasi Zebra adalah tindakan untuk memberikan sanksi kepada pengemudi yang melakukan pelanggaran.

Baik mengenai surat-surat kendaraan maupun modifikasi yang tak sesuai dengan standar. Pemberlakuan reward bagi pengemudi yang tertib lalu-lintas ini akan diberlakukan selama Operasi Zebra, yakni tanggal 1 hingga 14 November.

Leonardus menegaskan, semua pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang tertib lalu-lintas akan langsung mendapatkan kupon undian. Selanjutnya, kupon itu akan diundi di akhir Operasi Zebra.

Hadiah, menurut dia, akan diberikan kepada pengendara yang beruntung ke rumah masing-masing. ”Kalau yang melanggar, tentu akan disanksi sesuai aturan (tilang). Tapi jika yang tertib, akan mendapatkan kupon dan diisi identitas pengendara,” jelas Leonardus.

Dia menambahkan, pemberian doorpize ini selain ingin memberikan penghargaan kepada pengendara kendaraan bermotor yang tertib, juga sebagai motivasi kepada pengendara lain untuk bisa tertib. Dia berharap, pemberian doorprize ini bisa meningkatkan angka kepatuhan lalu-lintas dan sebaliknya meminimalisir pelanggaran lalu-lintas.

”Agar berimbang. Kita beri hadiah yang bermanfaat bagi pengendara kendaraan bermotor. Agar semangat juga jika tertib lalu-lintas,” tandasnya.

Sementara Operasi Zebra serentak ini, lanjut dia, dilakukan untuk memberikan penindakan hukum terhadap pelanggar yang bermuara meningkatkan kepatuhan berlalu-lintas. Dilakukan penindakan, karena sebelumnya sosialisasi mengenai tertib lalu-lintas sudah diberikan.

”Pengendara yang melawan arus, penggunaan rotator, sirine dan strobe serta spektek nopol kendaraan yang tidak sesuai aturan juga akan kami tindak,” pungkasnya.

Kasat Lantas Polres Mojokerto Kabupaten AKP Nopta Histaris Suzan menambahkan, pemberian doorprize dalam operasi zebra kali ini sekaligus memberikan penyadaran kepada masyarakat bahwa ada banyak hal positif jika kita mematuhi peraturan lalu-lintas. Selain untuk meminimalisir laka lantas, juga untuk keselamatan diri sendiri.

”Dan juga, ada hadiah bagi mereka yang tertib lantas. Kita juga ingin memberikan reward bagi pengendara yang tertib lalu-lintas,” tambah Suzan.

Dia berharap, setelah operasi zebra kali ini, angka kecelakaan akan menurun seiring dengan meningkatkan kesadaran masyarakat berlalu-lintas. Ia juga mengingatkan agar pengendara senantiasa menggunakan kendaraan dan peralatan berkendara yang memenuhi standar serta kelangkapan surat-surat. ”Karena jika tidak, kita akan melakukan penindakan yang tegas,” timpalnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.2214 seconds (0.1#10.140)