Simulasi Pengamanan, Kereta Kencana Mempelai Diikutkan

Rabu, 25 Oktober 2017 - 22:05 WIB
Simulasi Pengamanan, Kereta Kencana Mempelai Diikutkan
Simulasi Pengamanan, Kereta Kencana Mempelai Diikutkan
A A A
SOLO - Petugas gabungan dari TNI dan Polri menggelar simulasi pengamanan acara pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu-Bobby Nasution. Dalam simulasi, dua kereta kencana yang akan membawa calon mempelai diikutkan dalam simulasi di Gedung Graha Saba Buana, tempat resepsi pernikahan di Solo, Jawa Tengah.

Kasi Ops Korem 074/Warastratama Surakarta Letkol (inf) Mohammad Ibrahim Muchtar mengatakan, simulasi pengamanan didahului apel pengecekan di Stadion Manahan Solo pukul 07.00 WIB. Setelah itu, Sub Satgas kegiatan pernikahan putri Presiden Jokowi menggelar gladi atau simulasi acara. “Rangkaiannya seperti kondisi real time saat acara nanti,” ujar Muchtar seusai simulasi pengamanan di Gedung Graha Saba Buana, Solo, Jawa Tengah, Rabu (25/10/2017).

Simulasi antara lain keberangkatan calon mempelai pria dan keluarganya dari Hotel Alila menuju lokasi resepsi dengan kereta kencana. Selain itu juga simulasi rombongan kedatangan Duta Besar (Dubes) Negara sahabat, serta Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla. Saat acara resepsi, tiga kereta kencana diberangkat dari Hotel Alila yang membawa mempelai pria dan keluarganya.

Demikian pula rombongan mempelai perempuan juga berangkat dengan memakai tiga kereta kencana. Kahiyang Ayu berangkat dari kediaman pribadi Presiden Jokowi di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo. Simulasi juga memperagakan pengangkutan tamu tamu undangan dari tiga kantong parkir yang disiapkan. Yakni dari Stadion Manahan, Lapangan Banyuanyar, dan Lapangan Sumber. Untuk setiap kantong parkir disediakan lima bus untuk membawa tamu menuju lokasi resepsi.

Sedangkan tamu VVIP, kendaraan bisa sampai ke depan gedung Graha Saba Buana di Jalan Letjend Suprapto. Sementara, parkir kendaraan pejabat seperti para menteri ditempatkan di Jalan Mangun Sarkoro. Dari koordinasi dengan Polresta Solo, kondisi sekitar 100 meter dari titik resepsi ke selatan dan ke utara saat hari pelaksanaan steril dari kendaraan umum karena dipakai untuk kegiatan pernikahan.

Dalam pengamanan kegiatan mantu Presiden Jokowi 8 November, menurunkan 6.500 personel gabungan TNI, Polri, satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub), dan Linmas. Seluruh personel sudah diterjunkan sehari sebelum pelaksanaan.

Muchtar menyebut akan ada pengalihan arus lalu lintas di sekitar lokasi resepsi, dari simpang Farokah-Jalan Slamet Riyadi-Gladak-Bank Indonesia ke kanan-simpang Kapten Mulyadi-Ketandan ke kiri. Rute itu ditempuh dengan catatan proyek drainase di kawasan Sriwedari bisa dilewati.

Sedangkan kendaraan kecil bisa masuk hingga sampai ke Jalan Ahmad Yani menuju Terminal Tirtonadi. Sedangkan dari arah timur, ringroad di Karanganyar sudah ditutup. Untuk kendaraan kecil akan dibelokkan dari Jurug-Baturono-Jalan Kapten Mulyadi-Jalan Veteran-Jongke. Pengalihan arus dilakukan saat hari H mulai pukul 07.00 WIB.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4068 seconds (0.1#10.140)