Bunga Rafflesia Berkelopak Enam Mekar, Wisatawan Ramai Berdatangan

Senin, 23 Oktober 2017 - 14:49 WIB
Bunga Rafflesia Berkelopak Enam Mekar, Wisatawan Ramai Berdatangan
Bunga Rafflesia Berkelopak Enam Mekar, Wisatawan Ramai Berdatangan
A A A
BENGKULU - Bunga Rafflesia arnoldii mekar di kawasan hutan lindung Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu, tepatnya di Km 46 Liku 9, Kecamatan Taba Penanjung atau di tepi jalan lintas tengah (Jalinteng) Bengkulu-Sumatera Selatan. Bunga terbesar ini tumbuh dengan sempurna, bahkan memiliki kelopak enam, biasanya bunga Rafflesia hanya berkelopak lima.

Bunga yang menjadi ikon provinsi Bengkulu ini, biasanya memiliki kelopak lima dengan diameter sekitar 65 centimeter. Bunga Rafflesia yang hanya akan mekar sekitar lima hingga enam hari, kemudian bunga akan kembali membusuk.

Mekarnya bunga langka ini menjadi destinasi wisata tersendiri. Puluhan wisatawan lokal memadati lokasi bunga Rafflesia yang mekar. Bahkan Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Marsyah bersama jajaran pemerintahan provinsi Bengkulu ikut datang ke lokasi bunga Rafflesia yang sedang mekar.

Lokasi ini merupakan salah satu habitat bunga Rafflesia, masih ada tiga bongkol (calon bunga rafflesia) yang akan kembali mekar dalam beberapa bulan ke depan. Sejak bunga mekar, sudah banyak wisatawan berkunjung melihat secara langsung karena hanya berjarak sekitar 25 meter dari tepi jalan lintas tengah Bengkulu-Sumatera Selatan.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7642 seconds (0.1#10.140)