Antisipasi Berita Hoax, Kapolresta Gelar Cangkrukan dengan Warga Pinggiran

Rabu, 18 Oktober 2017 - 14:31 WIB
Antisipasi Berita Hoax,...
Antisipasi Berita Hoax, Kapolresta Gelar Cangkrukan dengan Warga Pinggiran
A A A
SIDOARJO - Masih banyaknya berita Hoax atau berita bohong yang masih beredar di masyarakat, khususnya masyarakat pinggiran di batas kota menjadi perhatian khusus aparat kepolisian di Sidoarjo. Berbagai upaya dilakukan, salah satunya dengan melakukan upaya pendekatan dengan masyarakat melalui kegiatan Cangkrukan, seperti yang dilakukan Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Himawan Bayu Aji, Selasa malam 17 Oktober di Pendopo Kecamatan Balongbendo-Sidoarjo yang menjadi batas Kota Sidoarjo dan Mojokerto.

Dalam cangkrukan itu, Kapolresta yang mendapat laporan masyarakat terkait berita Hoax yang menyesatkan dan mengandung provokatif, meminta kepada masyarakat untuk meningkatkan koordinasi dengan perangkat desa dan aparat kepolisian di tingkat desa.

Dihadapan puluhan warga, Kombes Pol Himawan Bayu Aji meminta kepada masyarakat untuk tidak langsung percaya dengan segala isu atau berita yang tidak bisa dipercaya kebenarannya.

Banyaknya berita Hoax yang banyak beredar, khususnya di media sosial harus diwaspadai oleh masyarakat, khususnya berita yang bersifat provokatif.

Menurut Himawan, berita Hoax yang muncul di lingkungan masyarakat desa, sebenarnya bisa dicegah dan diantisipasi jika masyarakat bisa melakukan koordinasi dengan perangkat desa dan aparat kepolisian yang bertugas sebagai Babinkamtibmas.

"Jangan segan masyarakat menanyakan langsung kondisi lingkungannya ke perangkat desa dan petugas Babinkamtibmas, jika ada berita atau isu yang muncul sewaktu waktu," ujar Kombes Pol Himawan Bayu Aji.

Himawan menegaskan, dibutuhkan kecerdasan dalam diri masyarakat dalam menanggapi suatu berita atau isu sehingga tidak ada lagi berita Hoax di masyarakat.

Sementara untuk merespon masih adanya berita Hoax di masyarakat, Himawan Bayu Aji telah meminta anggotanya di desa untuk lebih meningkatkan patroli dan pendekatan ke masyarakat, dan meningkatkan koordinasi dengan perangkat desa.

Himawan menjanjikan, dirinya akan sering melakukan pemantauan Kamtibmas di desa melalui petugas Babinkamtibmas yang ditugaskan di lingkungan desa.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0734 seconds (0.1#10.140)