Wali Kota Tripoli Tertarik Pengelolaan Sampah Semarang

Selasa, 17 Oktober 2017 - 08:00 WIB
Wali Kota Tripoli Tertarik Pengelolaan Sampah Semarang
Wali Kota Tripoli Tertarik Pengelolaan Sampah Semarang
A A A
SEMARANG - Wali Kota Tripoli Ahmed Kamareddine berkunjung ke Kota Semarang dan disambut secara khusus oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi di ruang kerjanya, Senin, 16 Oktober 2017. Kunjungan tersebut, guna melakukan penandatanganan Letter of Interest sebagai Sister City.

Kedua kota akan menjalin persahabatan dan mengembangkan potensi di berbagai bidang, seperti ekonomi, perdagangan, ilmu pengetahuan dan teknologi, lingkungan hidup, infrastruktur, pariwisata dan budaya, olah raga, SDM, kesehatan masyarakat dengan dasar saling menguntungkan.

Wali Kota Tripoli Ahmed Kamareddine mengungkapkan, kedatangannya dikhususkan untuk mengadopsi pengelolaan limbah yang dilakukan oleh Pemkot Semarang serta membangun kerja sama terkait pariwisata. Menurut dia, saat ini di Kota Tripoli sampah menjadi persoalan besar yang memerlukan penanganan.

Setiap hari terdapat sekitar 350 ton sampah di Tripoli. Meski sudah dilakukan upaya daur ulang, namun belum memberikan dampak yang signifikan. Bahkan lanjut dia, kini sampah di Tripoli jumlahnya meningkat secara signifikan menjadi 450-500 ton per hari karena datangnya pengungsi dari Suriah.

"Libya adalah negara kecil, sehingga perlu penanganan dalam pengelolaan sampah. Untuk itu kami berupaya mempelajari apa yang telah dilakukan oleh Kota Semarang yaitu dalam pengelolaan limbah sampah di TPA Jatibarang," katanya.

Selain itu, kedatangannya juga dimaksudkan untuk menjalin kerjasama terkait bidang pariwisata. Miftahuddin Ahimy Staf Bidang fungsi Politik Kedutaan Indonesia untuk Beirut menjelaskan bahwa Semarang dan Tripoli memiliki kesamaan khususnya dalam peninggalan sejarah Islam.

“Tripoli merupakan kota kedua setelah Mesir yang memiliki banyak sejarah islam. Untuk itu jika selama ini ada jamaah haji atau umrah yang hanya mendapatkan penawaran paket wisata ke Turki atau Mesir, kini kami tawarkan mereka untuk berkunjung ke Tripoli atau Lebanon sebagai alternatif. Untuk itu kami mengundang Bapak Wali Kota Semarang ke kota kami,” ujarnya.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi memberi respon positif. Pihaknya mengapresiasi dengan datangnya rombongan dari Kota Tripoli tersebut dan berjanji akan memberikan semua informasi terkait dengan pengelolaan sampah di Kota Semarang.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7553 seconds (0.1#10.140)