Ditpolair Polda Kalbar Amankan 44 Pekerja China di Lokasi PT Conch

Selasa, 03 Oktober 2017 - 11:37 WIB
Ditpolair Polda Kalbar Amankan 44 Pekerja China di Lokasi PT Conch
Ditpolair Polda Kalbar Amankan 44 Pekerja China di Lokasi PT Conch
A A A
MEMPAWAH - Personel Ditpolair Polda Kalbar mengamankan 44 orang warga negara asal China di lokasi perusahaan semen PT Conch, di Desa Wajok KM 14, Kabupaten Mempawah, Senin 2 Oktober 2017. Ke 44 warga China tersebut diduga tidak memiliki dokumen lengkap keimigrasian.

Direktur Polair Polda Kalbar, Kombes Pol Alex Fauzi Rasad mengatakan, 44 warga China tersebut diamankan karena diduga tidak memiliki dokumen keimigrasian yang resmi.

"Kita menemukan adanya aktivitas pembangunan di tepian sungai lokasi PT Conch, pada saat pekerja tersebut ditanya oleh anggota Ditpolair, mereka tidak dapat menjawab," ujar Alex, Senin (2/10/2017) malam.

Petugas lalu meminta para tenaga kerja asing itu berkumpul dan melakukan pemeriksaan terkait dokumen keimigrasian mereka.

Berdasarkan keterangan Davis salah satu karyawan PT Conch, tenaga kerja asing yang memiliki dokumen keimigrasian hanya tujuh orang, sedangkan yang lainnya masih dalam proses.

"Kemudian para TKA tersebut dibawa ke Mako Ditpolair untuk diamankan dan dilakukan penyelidikan lebih lanjut," ungkap Alex.

Alex menambahkan, berdasarkan keterangan dari salah satu kontraktor yang mengerjakan pekerjaan tersebut, pihaknya hanya menggunakan dua orang tenaga kerja asing. Kedua tenaga kerja asing tersebut memiliki dokumen keimigrasian yang sah.

Namun dalam pembangunan tersebut juga melibatkan dua perusahaan kontraktor lainnya, yaitu PT KIAN dan PT Port Engineering yang dalam proses pembangunannya membawa tenaga asal China tersebut.

Saat ini Joni karyawan perusahaan yang bertanggung jawab terhadap dokumen penggunaan tenaga kerja asing sedang cuti ke Batam, diperkirakan akan kembali sekitar 3- 4 hari mendatang.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7630 seconds (0.1#10.140)