Jaringan Listrik Dalam Perbaikan, Separuh Madura Gelap

Selasa, 26 September 2017 - 13:11 WIB
Jaringan Listrik Dalam Perbaikan, Separuh Madura Gelap
Jaringan Listrik Dalam Perbaikan, Separuh Madura Gelap
A A A
SURABAYA - Terbakarnya kabel listrik di Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) masih bakal berdampak panjang. PT PLN (Persero) baru bisa menyelesaikan perbaikan jaringan sampai 4 Oktober mendatang. Untuk mengaliri listrik, mereka menyebar 20 genset di berbagai titik di Pulau Madura.

General Manager PT PLN (Persero) Distribusi Jatim Dwi Kusnanto menuturkan, pihaknya saat ini ingin mengamankan objek vital seperti rumah sakit, Puskesmas dan kantor pemerintahan. Makanya kehadiran puluhan genset bisa mengurangi pemadaman bergilir di beberapa titik.

"Layanan publik harus terus berjalan. Genset yang ada saat ini bisa dioptimalkan, genset itu pun bantuan dari PLN di seluruh Indonesia," ujar Dwi, Selasa (26/9/2017).

Dengan adanya genset, katanya, warga di Madura tetap bias beraktifitas. Terutama mereka yang menyediakan layanan masyarakat tidak terganggu atau berhenti karena ada pemadaman.

Ia melanjutkan, untuk perbaikan kabel di bawah Jembatan Suramadu sendiri dilakukan dengan mengambil bagian yang terbakar. Setelah diamankan, kabel itu akan diganti dengan yang baru. "Sekarang masih terus berjalan. Tim transmisi mulai melakukan perbaikan yang terganggu 150 KV," ungkapnya.

Panjang kabel PLN yang terbakar, katanya, mencapai 10 meter. Kabel di bawah Jembatan Suramadu sendiri cukup vital keberadaannya, efek dominonya menjadikan hilangnya seperempat kapasitas aliran listrik ke Pulau Madura atau sebesar 60 MW dari total kebutuhan listrik di Madura yaitu 225 MW.

"Makanya kapasitas yang ada saat ini hanya 160-an MW. Kapasitas yang terbatas itu harus dikeluarkan bergantian untuk empat kabupaten di Pulau Madura," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1300 seconds (0.1#10.140)