Ratusan Pelajar di Jayapura Antusias Nobar Film G30S PKI

Selasa, 26 September 2017 - 12:38 WIB
Ratusan Pelajar di Jayapura Antusias Nobar Film G30S PKI
Ratusan Pelajar di Jayapura Antusias Nobar Film G30S PKI
A A A
JAYAPURA - Ratusan pelajar di Kota Jayapura antusias menonton pemutaran film Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI di Aula SMA 4 Jayapura, Kota Jayapura, Papua, Selasa (26/9/2017) siang. Selain para siswa, pemutaran film G30S PKI juga disaksikan para dewan guru dan staf.

Ratusan pelajar ini terdiri berasal dari SMA 4 Jayapura, SMP 9 Jayapura, SD Negeri Jayapura, dan pihak yayasan DDI (Darul Dakwah Islamiyah) Kota Jayapura.

Wali Kota Jayapura Benhur Tomy Mano dalam kesempatan tersebut menyampaikan, pemutaran film G30S PKI tersebut dinilai sangat baik untuk membuka wawasan sejarah bagi generasi muda yang ada di Papua, khususnya Kota Jayapura.

"Saya meminta kepada Bapak Dandim Jayapura untuk juga memutar film ini di sekolah-sekolah lain yang ada di Kota Jayapura. Karena dengan film ini, para generasi muda kita bisa membentengi diri dari aliran-aliran yang akan memecah belah negara kita Indonesia, seperti PKI ini," kata Wali Kota Jayapura yang akrab disapa BTM ini, Selasa (26/9/2017).

Apriliya Mansyar, siswa SMA 4 Jayapura mengaku dengan diputarnya film tersebut menjadikan dirinya tahu sejarah bangsa Indonesia, yang pernah mengalami peristiwa kelam dengan adanya gerakan penghianatan oleh PKI.

"Ini sangat bagus ya karena kita yang merupakan generasi muda Indonesia jadi tahu sejarah kelam bangsa ini. Dengan ini kita berharap Indonesia ke depan bebas dari PKI dan lebih bisa mencintai bangsa Indonesia ini," ucapnya.

Komandan Kodim 1701 Jayapura Letkol Inf Nova Ismailyanto dalam kesempatan yang sama mengaku, pemutaran film tersebut sudah menjadi tanggung jawab yang harus dilaksanakan sesuai dengan perintah Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

"Kami melaksanakan instruksi pimpinan dan semangat yang kita ingin sampaikan adalah semangat per satu dan kesatuan, semangat yang tidak boleh melupakan sejarah bangsa Indonesia," ucapnya.

Pemutaran film Penumpasan Pengkhianatan PKI atau biasa disebut G30S PKI, selain dilakukan di sekolah-sekolah di Kota Jayapura, juga dilakukan penayangan di seluruh Koramil jajaran Kodim 1701 Jayapura. Puncaknya, pada tanggal 30 September 2017 pemutaran film G30S PKI akan dilakukan di Kodam XVII Cenderawasih.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7051 seconds (0.1#10.140)