Baja Perindo Cimahi Dorong Partisipasi Politik Pemilih Pemula

Minggu, 27 Agustus 2017 - 02:31 WIB
Baja Perindo Cimahi Dorong Partisipasi Politik Pemilih Pemula
Baja Perindo Cimahi Dorong Partisipasi Politik Pemilih Pemula
A A A
CIMAHI - Generasi muda sebagai generasi penerus perlu memiliki pengetahuan politik dan wawasan hidup bernegara. Hal itu mendorong Partai Persatuan Indonesia (Perindo) melakukan pembinaan bagi pelajar di Kota Cimahi, Jawa Barat.

Komandan Batalion Barisan Penjaga (Baja) Perindo Cimahi Tiar Supriyadi mengatakan, pihaknya turut berupaya mengikis kecenderungan apatisme generasi muda terhadap dunia politik. Partisipasi politik dapat ditingkatkan dengan meningkatkan pengetahuan dan mendorong kepedulian pemilih pemula, termasuk pelajar SMA.

Untuk itu, Baja Perindo sebagai organisasi sayap Partai Perindo juga membentuk Baja Muda Perindo Cimahi. "Baja Muda Perindo akan mengajarkan materi dasar-dasar ilmu politik agar pemilih pemula bisa melek politik," katanya, Sabtu (26/8/2017).

Pada akhir pekan ini dilakukan pelantikan pengurus Baja Muda Perindo Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Cimahi yang diketuai oleh Rifki, seorang pelajar SMK di Cimahi. Organisasi yang baru berjalan dua bulan itu telah memiliki 180 anggota dari enam sekolah di Cimahi.

Tiar menjelaskan, para pelajar kelas 11 dan 12 SMA/SMK yang berusia 16 tahun lebih, serta mahasiswa, dapat menjadi anggota Baja Muda Perindo. Saat ini, Baja Muda Perindo Cimahi menjadi percontohan di tingkat nasional.

"Sasarannya memang pemilih pemula. Di Indonesia baru ada di Cimahi, nantinya semoga menjadi program nasional agar generasi muda bisa paham dunia politik," kata dia.

Selain pelantikan pengurus baru Baja Muda Perindo, DPD Partai Perindo Cimahi juga menerima penyerahan hewan kurban dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Baja Perindo. Hewan kurban sebanyak dua ekor kambing itu akan disumbangkan kepada masyarakat sekitar.

Kurban akan dilaksanakan bertepatan dengan Idul Adha 10 Zulhijah 1438 Hijriah yang jatuh pada 1 September 2017. Penyembelihan hewan kurban akan dilakukan di Kantor Sekretariat DPD Partai Perindo Cimahi, Jalan Sangkuriang Nomor 78 Kota Cimahi, Jawa Barat.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4816 seconds (0.1#10.140)