30 Petugas Periksa Kesehatan Hewan Kurban di Simalungun

Selasa, 22 Agustus 2017 - 12:13 WIB
30 Petugas Periksa Kesehatan Hewan Kurban di Simalungun
30 Petugas Periksa Kesehatan Hewan Kurban di Simalungun
A A A
SIMALUNGUN - Dinas Pertanian Pemkab Simalungun mengerahkan 30 petugas pemeriksa kesehatan hewan untuk memastikan kesehatan hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha 1438 H. Pemeriksaan akan dilakukan di sentra-sentra ternak sapi dan kambing di Kecamatan Gunung Malela, Ujung Padang, Tanah Jawa, dan pasar hewan di Kecamatan Purba.

“Petugas diturunkan dalam tiga tim yang akan memeriksa kesehatan hewan di pasar-pasar tradisional atau peternak sapi dan kambing. Pemeriksaan kesehatan hewan kurban ini untuk memastikan dagingnya aman dikonsumsi,” kata Kepala Dinas Pertanian Pemkab Simalungun Jan Posman Purba di Pamatang Raya, Selasa (22/8/2017).

Pihaknya berharap masyarakat yang akan membeli hewan kurban memastikan kondisi kesehatan hewan yang akan dibeli. Warga bisa meminta petugas dari Dinas Pertanian Simalungun melakukan pemeriksaan terhadap hewan, baik sapi maupun kambing.

Sejauh ini, dari monitoring yang telah dilakukan sejak dua pekan lalu di kalangan peternak sapi dan kambing di Kecamatan Gunung Malela dan Ujung Padang, serta pasar hewan di Kecamatan Purba, belum ditemukan kesehatan hewan yang bermasalah.

Sementara menjelang Hari Raya Idul Adha,permintaan sapi dan kambing hidup di kalangan peternak di Kabupaten Simalungun mulai meningkat mulai sepekan lalu. Harga jual juga naik cukup tajam. Untuk sapi dengan berat 100 kilogram (kg), harganya mencapai Rp13 juta atau Rp130.000 per kg dari sebelumnya hanya Rp11 juta.

“Sejak sepekan lalu, penjualan sapi hidup sudah mencapai 14 ekor hingga 20 ekor dalam sepekan. Kami kewalahan juga memenuhi permintaan yang meningkat ini,” kata Muhammad Abdi, peternak sapi di Desa Sei Merbau, Kecamatan Ujung Padang.
(mcm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7484 seconds (0.1#10.140)