HUT RI Ke 72, Gubernur Kalbar Pamit

Jum'at, 18 Agustus 2017 - 12:01 WIB
HUT RI Ke 72, Gubernur Kalbar Pamit
HUT RI Ke 72, Gubernur Kalbar Pamit
A A A
PONTIANAK - Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Cornelis memimpin upacara HUT ke-72 RI untuk terakhir kalinya, setelah 10 tahun menjabat sebagai kepala daerah di Bumi Khatulistiwa itu.

"Upacara bendera memperingati HUT RI tahun 2017 ini merupakan yang terakhir bagi saya untuk menjadi pemimpin upacara, setelah 10 tahun berturut-turut saya menjadi inspektur upacara di kantor gubernur ini," kata Cornelis, saat menyampaikan sambutan pada upacara HUT ke-72 RI di Pontianak, Kamis (17/8/2017).

Pada kesempatan itu, Gubernur Kalbar dua Periode itu menyampaikan permohonan maaf kepada semua pihak, terutama untuk masyarakat Kalbar, jika dalam memimpin provinsi itu selama 10 tahun, masih ada daerah yang belum terbangun dengan maksimal.

"Sesuai tugas saya sebagai kepanjangan tangan pemerintah pusat di daerah, saya sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkan pembangunan di semua lini, jika ada yang merasa belum maksimal, saya meminta maaf," tuturnya.

Meski demikian, selama dirinya menjabat, angka kemiskinan di provinsi itu jauh menurun dan indeks pembangunan di Kalbar juga kian meningkat. Dia berharap, masyarakat bisa terus menjaga keragaman budaya di Kalbar.

Cornelis tak lupa berpamitan kepada masyarakat Kalbar karena masa jabatannya akan berakhir pada Januari 2018. "Saya bersama pak wakil gubernur mohon maaf jika ada kekurangan dalam menjalankan tugas. Tak terasa, saya sudah 10 tahun jadi Inspektur Upacara HUT RI di sini, dan ini yang ke 10 kalinya saya Irup,” ungkap mantan Bupati Landak itu.

Upacara berlangsung khidmat begitu sirene dan meriam karbit dibunyikan dan Ketua DPRD Kalbar M Kebing L membacakan Teks Proklamasi, serta 28 Anggota yang tergabung dalam pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) membentuk formasi untuk mengibarkan bendera merah putih.

Siswi SMAN 1 Ngabang, Landak, Resti Hotmauli Manihuruk dipercaya membawa bendera merah putih. Pasukan pengawal bendera adalah dari gabungan, Kodam XII/Tpr, Lantamal XII, Lanud Supadio, dan Polda Kalbar dengan komandan kompi Paskibra Kapten (Mar) Aji Purnomo.

Yang bertindak sebagai pengibar bendera adalah Aditya Duta Hariadi dari SMAN 1 Pontianak, Ewald Ruskananda Mahesa dari SMA Don Bosco Sanggau, Angga Samudera dari SMA 2 Singkawang.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5071 seconds (0.1#10.140)