HUT RI, Puluhan Calon Bidan Menembus Hutan untuk Pengobatan Gratis

Senin, 14 Agustus 2017 - 20:49 WIB
HUT RI, Puluhan Calon Bidan Menembus Hutan untuk Pengobatan Gratis
HUT RI, Puluhan Calon Bidan Menembus Hutan untuk Pengobatan Gratis
A A A
JOMBANG - Saat masyarakat lain sibuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) dengan menggelar pesta dan aneka perlombaan, puluhan calon bidan ini memiliki cara tersendiri dalam mengungkapkan rasa cintanya kepada Tanah Air.

Mereka rela berjalan kaki hingga berkilo-kilo meter menembus hutan di wilayah utara Sungai Brantas menuju ke sebuah desa terpencil di dalam hutan, Senin (14/8/2017). Namanya Dusun Nampu, Desa Pojok Klitih, di Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Selain merayakan HUT Kemerdekaan RI, acara ini juga dilakukan untuk memperingati HUT ke-19 Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI). Para calon bidan dari Stikes Jombang ini berpartisipasi dengan melakukan pemeriksaan dan pengobatan gratis kepada ratusan warga yang tinggal di dusun terpencil tersebut.
HUT RI, Puluhan Calon Bidan Menembus Hutan untuk Pengobatan Gratis

Tak hanya melintasi jalan setapak, para mahasiswi calon bidan ini juga harus menyeberangi tiga sungai sekaligus untuk mencapai Dusun Nampu. Beruntung saat musim kemarau seperti sekarang, kondisi air di sungai surut sehingga mereka dapat melintasi sungai dengan mudah.Setelah satu setengah jam berjuang di bawah terik panas matahari, akhirya sampailah mereka di Dusun Nampu. Para calon bidan ini langsung menggelar pengobatan gratis kepada warga setempat.

Selain menggelar pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis, para calon bidan itu juga memberikan edukasi kepada anak-anak sekolah dasar (SD). Siswa diajari cara-cara menjaga kesehatan tubuh seperti membersihkan tangan hingga cara menggosok gigi secara benar. Para siswa SD pun tampak antusias mengikuti edukasi tersebut. Salah satu yang mengikuti kegiatan itu, siswi SDN Pojok Klitih, Sri Andari.

Dosen Stikes Pemkab Jombang, Sisnuko Dwi Andayani mengatakan, lewat kegiatan mahasiswanya di dalam hutan tersebut, Stikes Pemkab Jombang ingin mengajarkan para mahasiswanya untuk siap mengabdi kepada masyarakat. “Kami ingin para mahasiswa siap bekerja dengan berbagai kondisi daerah yang beragam,” katanya.
(mcm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0000 seconds (0.1#10.140)