Tari Gambang Semarang Semarakkan Hari Anak Nasional

Minggu, 23 Juli 2017 - 13:26 WIB
Tari Gambang Semarang Semarakkan Hari Anak Nasional
Tari Gambang Semarang Semarakkan Hari Anak Nasional
A A A
SEMARANG - Gerak gemulai dua penari cilik di atas panggung menarik perhatian ratusan anak dan tamu undangan yang memadati halaman Balai Kota Semarang, Jawa Tengah. Dengan pakaian adat Jawa dominan merah, mereka dengan lincah bergerak dan sesekali menghentakkan selendang.

“Seneng rasanya bisa tampil dalam acara Hari Anak Nasional (HAN). Sekira lima menit tampil di atas panggung. Bangga juga karena bisa tampil maksimal meski persiapnnya sangat singkat,” kata Yohanna Putri, usai turun dari panggung, Minggu (23/7/2017).

Pelajar kelas VI SD itu mengaku hanya memiliki waktu sepekan untuk berlatih tari Gambang Semarang. Mestinya tari tersebut dibawakan empat orang, namun pada penampilan kali ini hanya dua penari. Untuk itu, dia bersama teman sekelasnya harus menyesuaikan formasi.

“Dulu pernah tampil dengan tari ini tapi empat orang. Makanya kami berlatih lebih rutin agar formasinya bisa pas. Apalagi panggungnya kan besar, jadi kami yang hanya berdua juga harus menyesuaikan agar panggung kesannnya tidak kosong,” jelasnya.

Selain Tari Gambang Semarang, peringatan HAN di Semarang juga disemarakkan beragam penampilan seni dari sejumlah panti asuhan. “Kami kan mewakili Yayasan Rumah Aira, yakni panti untuk anak-anak penderita HIV/AIDS. Ada juga penampilan seni dari panti lain, misalnya dari panti anak-anak penderita hidrocepalus,” ungkapnya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5215 seconds (0.1#10.140)