Peluang Mencatat Rekor Muri Terbuka Lebar

Rabu, 19 Juli 2017 - 15:06 WIB
Peluang Mencatat Rekor Muri Terbuka Lebar
Peluang Mencatat Rekor Muri Terbuka Lebar
A A A
EMPAT LAWANG - Ketua Museum Rekor Indonesia (Muri) Jaya Suprana mengungkapkan, peluang mencatatkan rekor di Museum Rekor Indonesia (Muri) bagi tim Ekspedisi Musi River (EMR) Kibar Bendera Asian Games, terbuka lebar.

“Tentu peluang itu (mencatatkan rekor Muri) sangat terbuka. Apalagi, jika kegiatan ini nantinya mampu mematahkan rekor-rekor sebelumnya yang pernah ada,” kata Ketua Muri Jaya Suprana, Rabu (19/7/2017).

Terlebih, pengarungan di Sungai Musi ini menempuh jarak sekitar 550 km, dalam waktu satu bulan perjalanan dengan menggunakan rakit tradisional. Tak hanya itu, ekspedisi yang digagas organisasi Gema Persada LH Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Palembang (FP-UMP) ini, sebelumnya juga sudah pernah dilakukan, bahkan sejak 1988.

Pada tahun itu, EMR I mengambil start dari Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin dan finish di Palembang. Lalu, EMR II tahun 1992 mengambil start di Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas dan Finish di Palembang.

Kemudian, EMR III tahun 1996 start dari Tebing Tinggi Kabupaten Empatlawang dan finish di Palembang. Sedangkan EMR IV (peduli) tahun 1999, start dari Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin dan finish Palembang.

Jika ditotal, jarak yang ditempuh tim EMR I sampai EMR V, nantinya mencapai 2000 km lebih. Jarak tempuh perjalanan ini bahkan lebih dari Sungai Musi, yang hanya memiliki panjang 750 km.

Jaya Suprana menambahkan, rekor mengarungi sungai terpanjang dengan rakit sangat bagus dan positif. Apalagi dilakukan sekelompok mahasiswa yang peduli dengan kelestarian lingkungan. “Asal faktor keselamatan (tim yang ikut pengarungan) benar-benar diperhatikan. Jangan sampai semangat mencipta rekor mengabaikan keselamatan tim,” ingatnya.

Sebelumnya, usulan agar Ekspedisi Musi River (EMR) Kibar Bendera Sian Games untuk masuk rekor Muri disampaikan Wakil Rektor III Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) Dr Muchtaruddin.

“Insya Allah akan kita masukkan di rekor Muri, karena menjadi yang pertama sekaligus pengarungan sungai musi terpanjang menggunakan rakit sepanjang 550 km, mudah mudahan tidak ada aral melintang,” ujar Muhtarudin saat pelepasan tim EMR di Kabupaten Empat Lawang, Senin (17/7).

Bupati Empat Lawang Syahril Hanafiah berharap kegiatan ini memberikan kontribusi positif bagi pariwisata di sepanjang Sungai Musi terutama Kabupaten Empat Lawang. “Apalagi dilakukan organisasi kemahasiswaan yang tidak mengenal lelah dan pamrih demi keselamatan lingkungan khususnya Sungai Musi,” kata Syahril sembari mendoakan agar ekspedisi berjalan sukses dan selamat tiba di Palembang sesuai yang diharapkan.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3322 seconds (0.1#10.140)