21.000 Pemudik Berangkat ke Jabodetabek Melalui Terminal Bawen

Sabtu, 01 Juli 2017 - 17:43 WIB
21.000 Pemudik Berangkat...
21.000 Pemudik Berangkat ke Jabodetabek Melalui Terminal Bawen
A A A
UNGARAN - Puluhan ribu pemudik dari sejumlah daerah di Kabupaten Semarang dan sekitarnya kembali ke Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) serta kota lainnya di Jawa Barat melalui Terminal Bus Bawen. Tercatat sekitar 21.000 orang lebih berangkat ke Jabodetabek melalui Terminal Bus Bawen.

Petugas Terminal Bus Bawen Tri Sulistyono mengatakan, pemberangkatan penumpang di Terminal Bawen sangat padat. Diperkirakan, setelah H+7 Lebaran pemberangkatan bus jurusan Jakarta dan daerah lain, masih ramai.

"Peningkatan penumpang terlihat mulai H+2. Jumlah bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) yang masuk ke terminal meningkat. Sampai saat ini tercatat sudah ada ratusan bus AKAP yang berangkat dari Terminal Bawen,” ujarnya, Sabtu (1/7/2017).

Dia memperkirakan, hingga puncak arus balik ini, jumlahnya penumpang yang berangkat ke Jakarta dari Terminal Bawen melebihi jumlah pemudik. Para pemudik biasanya akan membawa sanak famili atau teman merantau ke ibu kota.

Guna mengantisipasi penumpang arus balik, sejauh ini pihaknya telah berkoordinasi dengan pengusaha otobus (PO) untuk menyiapkan bus cadangan jika dalam arus balik banyak penumpang yang belum terangkut. Sejauh ini belum ada penumpang yang telantar dan semua masih bisa terangkut dengan armada yang tersedia.

Seorang penjual tiket bus AKAP di Terminal Bawen Maryati (30) mengatakan, meskipun pemberangkatan pemudik tujuan Jakarta dan Sumatera telah mengalami peningkatan, namun bus cadangan belum dioperasikan. "Sampai saat ini (kemarin) seluruh penumpang masih bisa terangkut oleh bus reguler yang ada. Jika terjadi ledakan penumpang, baru bus cadangan dioperasionalkan," katanya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6766 seconds (0.1#10.140)