Maju Pilgub Jatim, Gus Ipul Sowan ke Pakde Karwo

Jum'at, 02 Juni 2017 - 02:37 WIB
Maju Pilgub Jatim, Gus Ipul Sowan ke Pakde Karwo
Maju Pilgub Jatim, Gus Ipul Sowan ke Pakde Karwo
A A A
SURABAYA - Partai pendukung Saifullah Yusuf (Gus Ipul) untuk maju dalam Pilgub Jatim semakin solid. Setelah didukung PKB dan PDI Perjuangan, giliran Partai Demokrat turut merapat.

Gus Ipul diantar oleh Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar sowan kepada Gubernur Jatim yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Soekarwo. Hal ini dilakukan sebelum Gus Ipul mengambil formulir pendaftaran bakal calon gubernur Jatim di kantor DPD PDI Perjuangan Jatim Jalan Kendangsari, Kamis, 1 Juni 2017 kemarin.

Soekarwo mengatakan, PKB yang mengusung Gus Ipul memang melakukan kunjungan ke partai-partai sebagai upaya komunikasi dan kulo nuwun untuk maju di Pilgub. "Ini memberi pelajaran tentang tata krama berpolitik. Meski tiap hari bertemu (dengan Gus Ipul) baru ini tadi menyampaikan keinginannya," kata Soekarwo yang biasa disapa Pakde Karwo, kemarin.

Pakde Karwo pun menyampaikan terima kasih atas kunjungan yang dilakukan PKB dan Gus Ipul. Dengan upaya ini akan mampu membangun suasana politik yang kondusif di Jatim. "Dalam pertemuan tadi, PKB mengajak Partai Demokrat untuk mengusung Gus Ipul. Demokrat pun menyambutnya dengan senang hati," ungkap Pakde Karwo.

"Bahkan teman-teman (Partai Demokrat) sudah berkonsultasi ke Jakarta dan hari ini calon gubernur Saifullah Yusuf mendaftarkan diri ke Demokrat untuk dicalonkan dengan mengisi blanko pendaftaran," lanjut dia.

Pakde Karwo menuturkan, langkah Abdul Halim Iskandar membawa Gus Ipul sowan ke partai-partai memberinya pelajaran politik yang cerdas dan santun. Ini semacam ibadah politik untuk menciptakan situasi yang kondusif.

"Kami ingin Jawa Timur ini ya Jawa Timur. Bukan Jawa Tengah, bukan Jawa Barat, bukan DKI. Saya sangat senang dengan proses ini," papar Gubernur dua periode itu.

Pakde Karwo kembali menegaskan, sebaiknya dalam pilgub nanti cukup ada calon tunggal. "Ini adalah produk politik yang luar biasa di Jatim. Dari pada ribut-ribut kompetisi, mending satu saja lah calonnya," tandas Pakde Karwo.

Sedangkan Abdul Halim Iskandar mengatakan, pihaknya memang bersama-sama mengantar Gus Ipul silaturahmi ke partai-partai. Untuk giliran pertama ke Partai Demokrat karena Pakde Karwo merupakan sesepuh Jawa Timur.

Pria yang biasa disapa Pak Halim mengaku banyak belajar dari Pakde Karwo. Dia masih ingat ketika dua tahun yang lalu Pakde Karwo mencetuskan ide pilkada musyawarah mufakat. "Ide ini sangat bagus, meski banyak yang nyinyir. Tapi betul yang dikatakan Pakde. Sekarang pilkada bukan kompetisi namun konsolidasi," ucap Pak Halim.

Sementara itu, Gus Ipul secara simbolis dalam kesempatan tersebut mengenakan jas partai berlambang bintang mercy tersebut. Gus Ipul merasa senang bisa berada di antara partai-partai besar. "Saya bahagia berada di tengah-tengah pemimpin-pemimpin partai yang open minded. Pak Halim tidak hanya memberi kesempatan untuk maju pilgub tapi juga diantar sowan. Saya datang ke Demokrat untuk meminta restu," ujar Gus Ipul.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9013 seconds (0.1#10.140)