Puluhan Ternak Sapi di Merangin Mati Mendadak

Kamis, 27 April 2017 - 10:37 WIB
Puluhan Ternak Sapi di Merangin Mati Mendadak
Puluhan Ternak Sapi di Merangin Mati Mendadak
A A A
MERANGIN - Peternak sapi di Desa Sri Sembilan, Kecamatan Tabir Timur, Kabupaten Merangin, Jambi dibuat was-was. Pasalnya, ada puluhan ekor sapi milik warga telah mati mendadak dan belum tahu penyebabnya.

Dua diantara sapi yang mati mendadak adalah milik pemerintah, yakni satu ekor sapi gaduhan dan satu ekor lainnya sapi milik desa yang pembeliannya bersumber dari Dana Desa.

Sementara, di kawasan Kuamang Kuning dikabarkan 20 sapi juga mengalami kematian
mendadak.

Petugas peternakan setempat, Sirman menuturkan, penyebab kematian sapi diduga disebabkan oleh penyakit menular yang disebut Jembrana.

Menurutnya, penyakit Jembrana merupakan penyakit menular yang menyerang ternak sejak dalam kandungan. Biasanya, penyakit ini ditularkan oleh induk mereka dan sulit untuk disembuhkan.

"Dari ciri-cirinya, sepertinya sapi-sapi ini terkena penyakit Jembrana. Badannya panas, diare bercampur darah dan ada bercak darah pada sapi diiringi kematian mendadak. Ini penyakit menular yang bisa dengan mudah menular ke ternak lainnya," ujar Sirman.

Menurut Sirmn, pihaknya sudah berupaya memberikan pertolongan. "Saya sudah berupaya melakukan vaksinasi. Tapi sapi tetap mati. Saya khawatir, penyakit Jembrana ini menular ke sapi lainnya," tambahnya.

Sementara, Kepala Dinas Peternakan dan Kehutanan, Markoni mengaku belum mendapat informasi tersebut. Dia justru meragukan jika ternak terserang penyakit Jembrana.

"Waduh, saya belum dapat informasinya. Apa iya itu penyakit Jembrana?, harus ada tes sample darah dulu baru bisa disimpulkan," timpalnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6123 seconds (0.1#10.140)