Tidak Mau Makan, Orang Tertua di Dunia Masuk Rumah Sakit

Jum'at, 14 April 2017 - 19:30 WIB
Tidak Mau Makan, Orang Tertua di Dunia Masuk Rumah Sakit
Tidak Mau Makan, Orang Tertua di Dunia Masuk Rumah Sakit
A A A
SRAGEN - Sodimejo atau yang dikenal dengan Mbah Gotho, orang tertua di dunia asal Desa Cemeng Kecamatan Sambungmacan, Kabupaten Sragen, harus dilarikan ke rumah sakit. Pria yang berusia 146 tahun itu tiba-tiba tidak doyan makan sehingga tubuhnya lemas.

Salah satu cucu mbah Gotho, Suryanto mengatakan, beberapa hari terakhir kakeknya tersebut tidak nafsu makan. Kondisi itu langsung membuat badan sang kakek lemas. Awalnya keluarga tidak membawa Mbah gotho ke rumah sakit karena berharap sembuh tanpa perawatan dokter.

Tidak Mau Makan, Orang Tertua di Dunia Masuk Rumah Sakit

Namun semakin hari kondisi sang kakek semakin lemas dan terpaksa harus dibawa ke dokter pada Rabu (12/4/2017) sore. Awalnya keluarga hanya membawa sang kakek ke Puskesmas Sambungmacan, namun pihak Puskesmas menyarankan agar Mbah Gotho dibawa ke RSUD Sragen untuk mendapatkan perawatan secara intensif.

Setelah dibawa ke RSUD Sragen pada Kamis sore kondisi Mbah gotho mulai membaik berkat perawatan intensif dari dokter. Dari pemeriksaan awal menurut Suryanto tidak ada penyakit yang ditemukan di dalam tubuh kakeknya. Hanya saja HB sang kakak rendah sehingga badan terasa lemas.

"Sudah diperiksa Dokter katanya tidak ada apa-apa cuman HB nya rendah, mungkin gara-gara tidak mau makan," ucapnya.

Cucu Mbah gotho yang lain Suwarni, membenarkan jika kakeknya tersebut tidak mau makan selama beberapa hari. Dia tidak tahu penyebab pasti sang kakak tidak mau makan. Namun yang jelas keluarga sudah membujuk dan menyiapkan bubur halus, tapi tetap saja tidak membuahkan hasil.

Suwarni menambahkan sehari-hari kondisi fisik Mbah Gotho cukup baik. Meski usianya sudah tua masih bisa beraktivitas seperti biasa. Bahkan layaknya anak muda sang kakak mampu menghabiskan rokok satu bungkus per hari.

Keluarga sebenarnya sudah melarang Mbah gotho agar tidak merokok agar kesehatannya tetap fit. Namun, saat dilarang si mbas justru marah-marah dan bertengkar dengan orang yang melarang. "Saat ditanya maunya apa gitu, simbah pasti jawabe mau mati saja," kata Suwarni.

Dokter RSUD Sragen Herawati mengatakan, dari pemeriksaan yang dilakukan Mbah Gotho lemas karena tidak mau makan. Itu disebabkan karena tidak ada vitamin yang masuk ke dalam tubuh.

Saat ini, pihak rumah sakit masih berusaha untuk mengembalikan kondisi tubuh Mbah gotho dengan memberikan asupan berubah vitamin dan gizi yang cukup. "Tidak ditemukan penyakit apa-apa, beliau hanya lemas karena tidak makan," ucapnya. (Baca: Kakek Indonesia 145 Tahun Ini Diyakini Orang Tertua di Dunia ).
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5398 seconds (0.1#10.140)