Lokasi Jatuhnya Pesawat Caravan Curam, Evakuasi Terhambat

Kamis, 13 April 2017 - 14:36 WIB
Lokasi Jatuhnya Pesawat...
Lokasi Jatuhnya Pesawat Caravan Curam, Evakuasi Terhambat
A A A
JAYAPURA - Pesawat jenis Caravan PK-FSO milik maskapai penerbangan Spirit Avia Sentosa (SAS) dengan rute Tanah Merah Boven Digoel-Oksibil Pegunungan Bintang, Papua yang hilang kontak kemarin siang, ditemukan melalui pantauan udara jatuh di tebing yang terjal.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua Kombes Pol Ahmad Mustafa Kamal mengatakan, melalui pantauan udara pesawat milik maskapai AMA yang dipiloti Kapten Erik pada Kamis (13/4/2017) pukul 07.00 WIT melakukan pencarian di sekitar lokasi jatuhnya pesawat tersebut. Setelah mengitari Gunung Botak lokasi jatuhnya pesawat tersebut, nampak diduga patahan ekor pesawat.

Atas informasi itu, tim darat yang sudah bergerak sejak sore kemarin dan menginap di Kampung Oksam Pegunungan Bintang mencoba bergerak ke lokasi temuan tersebut. Namun, akibat medan yang curam, tim kesulitan untuk sampai di titik jatuh pesawat.

Lokasi jatuhnya pesawat di Gunung Botak Bukit Anem, masuk wilayah Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, dengan ketinggian 7.100 atau 2.5 kilo dari darat dengan koordinat 04.47' 79 Lintang Selatan dan 14.03' 97.7'' Lintang Utara.

Selain medan yang sulit, proses evakuasi terkendala dengan kabut tebal yang menyelimuti wilayah sekitar lokasi mulai siang hari. Sementara informasi yang berhasil dihimpun, Pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang saat ini berkoordinasi meminta bantuan helikopter Air Fast milikPT Freeport untuk melakukan evakuasi ke lokasi jatuhnya pesawat tersebut.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7542 seconds (0.1#10.140)