Banjir Bandang di Aceh Tenggara Tewaskan Dua Orang

Rabu, 12 April 2017 - 20:05 WIB
Banjir Bandang di Aceh...
Banjir Bandang di Aceh Tenggara Tewaskan Dua Orang
A A A
JAKARTA - Hujan berintensitas tinggi dan durasi cukup lama serta adanya banjir kiriman di bagian hulu menyebabkan banjir bandang di dua kecamatan di Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh, pada Selasa (11/4/2017) pukul 18.00 WIB. Dua orang dilapokan tewas.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, banjir bandang membawa material lumpur dan kayu-kayu menimbulkan korban jiwa dan kerusakan.

"Banjir berlangsung secara cepat. Terdapat delapan desa di dua kecamatan yang terdampak langsung banjir bandang yaitu Kecamatan Semadam meliputi Desa Suka Makmur dan Desa Lawe Beringin, sedangkan di Kecamatan Lawe Sigala-Gala melanda Desa Lawe Rakat, Lawe Kesumpat, Batu Dua Ratus, Lawe Sigala Barat, Kayu Mbelin, dan Lawe Tua Gabungan," jelasnya dalam rilis yang diterima SINDOnews, Rabu (12/4/2017).

Sutopo menambahkan, berdasarkan data sementara dari Posko Tanggap Darurat BPBD Kabupaten Aceh Tenggara dilaporkan dampak banjir bandang menyebabkan dua orang meninggal dunia yaitu Boru Panjaitan (80 tahun) dan Terang Panjaitan (18 bulan) yang hanyut akibat banjir.

"Satu orang masih dalam pencarian, sedangkan tiga orang yang hanyut sudah berhasil ditemukan dalam kondisi pingsan. Ribuan masyarakat terdampak oleh banjir bandang," ujarnya.

Selain itu, sebanyak 298 rumah mengalami kerusakan, dengan rincian 127 unit rumah rusak berat, 91 unit rumah rusak sedang, dan 80 unit rumah rusak ringan. Daerah yang paling parah terdampak banjir bandang adalah Desa Suka Makmur, Kecamatan Semadam.

"BPBD Aceh Tenggara telah berkoordinasi dengan TNI, Polri, dan SKPD terkait untuk melakukan penanganan darurat. Masyarakat telah dievakuasi dan ditempatkan di Masjid Simpang Semadam."

Empat alat berat telah dikerahkan untuk membersihkan lumpur di badan jalan Medan-Kutacane. Kebutuhan mendesak bagi pengungsi dan masyarakat yang terdampak adalah bantuan makanan, pakaian, air bersih, alat-alat kebersihan, tenda, relawan untuk membersihkan lumpur, dan material bangunan untuk perbaikan rumah.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1744 seconds (0.1#10.140)