Terlilit Utang Ratusan Juta, Joko Nekat Curi Kotak Amal

Senin, 10 April 2017 - 18:25 WIB
Terlilit Utang Ratusan Juta, Joko Nekat Curi Kotak Amal
Terlilit Utang Ratusan Juta, Joko Nekat Curi Kotak Amal
A A A
KARANGANYAR - Joko Haryono, warga Desa Balong, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, nekat mencuri kotak amal karena terlilit utang ratusan juta rupiah. Joko mencuri kotak amal di salah satu masjid di Kecamatan Ngargoyoso, setelah salat Jumat pada 7 April 2017.

Wakapolres Karanganyar Komisaris Polisi Prawoko menuturkan, tersangka Joko setelah salat Jumat sempat memasukan uang ke kotak amal. Namun, setelah itu malah muncul niat untuk mengambil uang yang ada di dalam kotak amal tersebut.

Setelah jamaah salat Jumat kembali ke rumah masing-masing, dia mengambil obeng di sepeda motornya untuk mencongkel gembok kotak amal. Berhasil membongkar kotak amal, dia lantas menguras semua uang yang ada. Belum sempat kabur, warga dan takmir masjid memergoki aksi Joko dan diamankan ke Polsek Ngargoyoso.

“Tersangka sempat mengambil uang sebanyak Rp1,5 juta. Rencananya uang itu untuk membayar utang. Selama ini tersangka mengaku memiliki utang senilai ratusan juta rupiah setelah toko kelontong yang dikelola nya bangkrut,” kata Prawoko.

Sementara itu, tersangka Joko nekat mencuri kotak amal karena menganggap uang yang ada di dalamnya adalah milik bersama. Jadi semua orang bisa menggunakan termasuk untuk kepentingan pribadi.

Joko menolak disebut sebagai spesialis pencuri kotak amal. Dia beralasan, aksi pencurian itu baru dilakukan sekali dilakukan karena terlilit utang. "Rencana dipakai untuk mengangsur utangan dan kredit sepeda motor," ucapnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9066 seconds (0.1#10.140)